Mengubah Pekerjaan Menjadi Pelayanan

Kata Alkitab / 2 April 2011

Kalangan Sendiri

Mengubah Pekerjaan Menjadi Pelayanan

Puji Astuti Official Writer
6726

Kalau mau jujur, dimanakah kita paling banyak menghabiskan waktu kehidupan kita? Salah satunya adalah di tempat kerja. Bandingkan berapa banyak waktu yang setiap minggu kita habiskan di tempat kerja dan tempat ibadah. Menurut pengamatan dan pengalaman saya, setidaknya ada 40-50 jam setiap minggu yang kita habiskan di tempat kerja, belum termasuk lembur.

Nah, pada saat-saat itulah kita bisa melakukan ibadah yang sejati, yakni melakukan kehendak Tuhan bagi diri kita. Jika bekerja dengan menggunakan prinsip-prinsip kebenaran yang Tuhan ajarkan, sebenarnya kita sudah beribadah. Tuhan juga dapat memakai hidup kita sebagai saluran berkat bagi mereka yang ada di sekitar kita termasuk rekan-rekan kerja kita di kantor (baik atasan, bawahan maupun rekan kerja Anda).

Peter Wagner menegaskan, “Job akan menjadi ministry ketika Tuhan memimpin Anda ke dalam suatu bidang dan Anda mendengarkan suara-Nya, mendapatkan urapan-Nya, dan menerapkan prinsip-prinsip Alkitab ketika elakukan pekerjaan di bidang tersebut. Tidak berlebihan jika kemudian seorang sahabat mengutarakan motivasi kerjanya, “Saya ingin agar nama Tuhan dipermuliakan melalui hidup dan karya saya. Hasrat terbesar saya adalah agar pada suatu hari saya bisa mendengar-Nya berkata, ‘Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, Aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagian tuanmu,’ Itulah yang saya rindukan.”

Pekerjaan kita bukanlah sekedar tempat untuk mencari nafkah saja, namun juga sebagai ibadah kita kepada Tuhan. Jika hari ini Anda masih bekerja sekedar untuk mencari uang, mari mulai saat ini ubahlah persepsi Anda, dan jalanilah pekerjaan Anda sebagai sarana untuk meninggikan dan memuliakan Tuhan.

Disarikan dari tulisan Paulus Winarto di buku Melejit di Usia Muda, Elex Media Komputindo.

Halaman :
1

Ikuti Kami