Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lestari99

Official Writer
2562


Meskipun berbicara dengan anak-anak kita sangatlah penting karena itu adalah cara mereka belajar, namun kita juga harus sadar bahwa kita perlu mendengarkan sudut pandang mereka. Hal ini sangatlah penting, karena tidak hanya mengembangkan bahasa dan kemampuan kognitif mereka, namun menjadi sebuah cara yang indah untuk tumbuh kembang harga diri mereka karena suara mereka didengarkan. Mendengarkan anak Anda secara serius merupakan salah satu cara penting untuk memiliki hubungan yang dekat dan terhubung dengan mereka.

Untuk memastikan apakah Anda seorang pendengar yang baik bagi anak-anak Anda, tanyakan ketujuh pertanyaan ini kepada diri Anda sendiri:

  1. Apakah Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbicara dengan anak Anda daripada mendengarkan?
  2. Apakah Anda menyelesaikan kalimat yang belum selesai mereka ucapkan?
  3. Apakah Anda menyela saat anak Anda sedang berbicara?
  4. Apakah Anda telah merencanakan apa yang akan Anda katakan sebelum anak Anda selesai berbicara?
  5. Apakah Anda memberikan jawaban maupun solusi kepada anak Anda daripada membiarkan mereka berusaha mengerjakannya sendiri?
  6. Apakah Anda menanyakan pertanyaan tertutup atau pertanyaan terbuka? (Pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang cukup dijawab dengan ya atau tidak. Pertanyaan terbuka adalah menanyakan apa yang mereka ucapkan untuk membuka percakapan baru).
  7. Apakah Anda telah bertanya kepada diri Anda di akhir hari, "Apakah saya telah benar-benar mendengarkan anak saya hari ini?"

Jika jawaban Anda atas perrtanyaan-pertanyaan ini membuat Anda berpikir bahwa Anda perlu lebih mendengarkan anak-anak Anda, merupakan sebuah langkah besar bagi Anda untuk memastikan kedekatan yang penuh kasih dengan anak-anak Anda dan sebuah kesempatan yang Anda berikan kepada mereka untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Pendapat dan ide-ide mereka akan didengarkan dan mereka akan benar-benar menjadi bagian dari pembuat keputusan dalam keluarga Anda. Sebuah hadiah luar biasa yang Anda berikan bagi mereka!

Jika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini membuat Anda berpikir bahwa Anda telah mendengarkan anak-anak Anda dengan baik, selamat. Anda telah memberikan awal yang baik kepada mereka sehingga mereka mampu mengekspresikan perasaan dan pikiran mereka yang dapat menjadi kontribusi dalam diskusi keluarga.

Intinya adalah mendengarkan anak-anak Anda secara serius merupakan hal yang sangat penting dan sebagai orangtua kita harus sadar akan hal itu. Kita dapat mendengarkan anak-anak kita dengan mulut yang tertutup dan hati yang terbuka, untuk membebaskan anak-anak kita mengekspresikan siapa diri mereka yang sebenarnya dalam setiap kesempatan.

Sumber : saidaonline


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7264

Banner Mitra Desember week 2