7 Rahasia Pernikahan Bahagia

Marriage / 31 March 2011

Kalangan Sendiri

7 Rahasia Pernikahan Bahagia

Lestari99 Official Writer
4366

1. Komunikasi

Sangat penting bagi Anda untuk menjaga agar jalur komunikasi tetap terbuka. Terutama bila ada sesuatu yang salah. Ada begitu banyak pengaruh luar yang dapat mempengaruhi urusan pernikaham, keluarga, teman, hobi, pendidikan, gereja, dll.

Jika Anda tiba-tiba tidak dapat menghabiskan waktu bersama, atau Anda bertengkar mengenai uang, hal-hal seperti ini sangat penting untuk dibicarakan.

2. Mendengar

Menjadi sebuah fakta yang sangat menyedihkan bahwa kita seringkali bersikap lebih sopan kepada orang luar dibandingkan kepada seseorang yang paling kita cintai. Jika pasangan Anda mencoba untuk berbicara kepada Anda, apakah itu untuk mencari tahu apa yang Anda inginkan untuk makan malam, untuk menceritakan mengenai hari yang Anda lalui, atau untuk mendiskusikan sebuah masalah dalam pernikahan Anda, memberikan rasa hormat yang sama seperti yang Anda lakukan kepada orang asing, dan DENGARKAN! Jangan menyela kalimat mereka, jangan mencoba memecahkan masalah mereka, dan jangan pernah berkata, “Saya bilang juga apa!” Berikut adalah sebuah puisi khusus yang ditulis oleh Ogden Nash:

Untuk menjaga pernikahan Anda tetap dipenuhi
Cinta dalam cangkir pernikahan,
Kapanpun Anda melakukan kesalahan, akui itu;
Kapanpun Anda melakukan yang benar, tutup mulut Anda.

3. Ciptakan Ritual Dan Tradisi Keluarga

Setiap pasangan yang berhasil memiliki ritual pribadi sendiri – kebiasaan yang mereka lakukan dan memiliki arti khusus hanya bagi mereka. Jadi, apakah itu membuatkan kopi untuk pasangan Anda setiap pagi, sentuhan khusus yang berarti, “Aku mencintaimu”, atau menciptakan kode yang hanya dimengerti oleh Anda berdua, seperti, “Ayo pergi dari sini” atau “Tidak, saya tidak ingin membeli itu!” Temukan kode Anda sendiri. Ingatlah beberapa kebiasaan keluaga yang menjadi favorit Anda di masa kanak-kanak, dan gabungkan hal itu atau lakukan sesuatu yang baru dan berbeda dengan pasangan Anda. Suatu hari, Anda akan kembali melihat semua itu sebagai kenangan yang berharga.

4. Pergi Berkencan

Pasangan yang telah bersama selama tiga puluh, empat puluh, bahkan lima puluh tahun atau lebih mengatakan bahwa salah satu hal yang membuat pernikahan mereka tetap kokoh adalah dengan tetap pergi ‘berkencan’ dengan pasangan mereka secara teratur. Jika kondisi keuangan sedang ketat, cobalah untuk berjalan-jalan bersama, pergi ke bioskop yang murah, atau bahkan berkeliling dengan mobil. Luangkan ‘waktu berdua’ yang berkualitas untuk memperkuat perasaan spesial yang membuat Anda saling jatuh cinta ketika pertama kali bertemu.

5. Menyetujui Hal-Hal Mengenai Keuangan Sejak Awal

Hebatnya, banyak pasangan yang tidak pernah mendiskusikan masalah keuangan atau hanya membicarakannya secara dangkal sampai mereka benar-benar menikah. Salah satu hal yang menyebabkan konflik di dalam pernikahan adalah karena adanya perbedaan dalam menangani keuangan pada masing-masing pihak. Sebelum Anda masuk ke dalam pernikahan, diskusikan perasaan Anda mengenai hal-hal seperti utang, membayar tagihan dan menabung. Bicarakan bagaimana Anda akan membayar biaya, dan siapa yang akan memegang keuangan. Mencari tahu setelah Anda harus menghadapi kenyataan bagaimana berbedanya cara Anda menangani keuangan hanya akan menimbulkan masalah jangka panjang.

6. Cinta Dan Penghargaan

Tak peduli apa yang terjadi di luar pernikahan Anda, sangat penting bagi Anda dan pasangan Anda untuk selalu saling memperlakukan satu sama lain dengan cinta dan penghargaan. Terdapat beberapa aturan sederhana yang berhasil bagi pasangan selama 80 tahun terakhir dan masih berlaku sampai saat ini. Aturan itu adalah: Jangan pernah pergi tidur sambil marah. Cium pasangan Anda setiap kali ia tiba di rumah, atau sebelum ia pergi. Katakan “Aku mencintaimu” setiap hari. Perhatikan sikap Anda dan katakan “Tolong” maupun “Terima kasih”. Lakukan sesuatu untuk seseorang yang Anda kasihi setiap hari. Terkadang, tulislah surat cinta satu sama lain. Tertawalah pada leluconnya, tak peduli seberapa tidak lucunya lelucon itu, atau seberapa sering Anda mendengar lelucon tersebut. Sekali-sekali, cobalah sesuatu yang baru.

7. Pertahankan Komitmen Dalam Pernikahan Anda

Melakukan hal ini bisa menjadi sesuatu yang sulit hari-hari ini, namun sangatlah penting untuk Anda mengutamakan pernikahan Anda. Jika Anda berkomitmen untuk mensukseskan pernikahan Anda, dan Anda tahu bahwa pasangan Anda merupakan saham dari komitmen Anda, tidak ada yang tidak dapat dicapai oleh Anda berdua.

Dan Anda berdua akan menjadi salah satu dari sedikit yang beruntung untuk memiliki pernikahan yang benar-benar bahagia!

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami