Tuhan Buka Jalan Saat Tiada Jalan

Kata Alkitab / 29 March 2011

Kalangan Sendiri

Tuhan Buka Jalan Saat Tiada Jalan

Puji Astuti Official Writer
24972

Roma 15:13

Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Ribuan orang Kristen di Amerika Utara telah mendengar salah satu lagu dari lagu pujian yang di tulis oleh Don Moen ini, mungkin Anda juga pernah mendengarnya. Lagu ini menegaskan kedaulatan Tuhan dalam kehidupan orang percaya. Namun, kebanyakan orang yang menyanyikan lagu ini tidak tahu tidak tahu keputusasaan seperti apa yang memunculkan lyric lagu ini.

Don Moen saat itu dibangunkan di tengah malam oleh telephone dari ibu mertuanya; sebuah kecelakaan tragis baru saja terjadi. Adik ipar Don, Susan, suaminya dan empat anak mereka dalam sebuah mobil yang mengalami kecelakaan itu. Mereka semua mengalami luka serius dan anak laki-laki mereka yang berumur delapan tahun sedang sekarat.

Saat Don dan istrinya sedang berduka dan menuangkan isi hatinya kepada Tuhan, mereka merasakan keputusasaan yang dalam dan merasa tidak sanggup menyampaikan kata-kata pengharapan kepada Susan dan Craig suaminya. Don kembali berseru kepada Tuhan untuk membantunya memberikan semangat kepada anggota keluarganya. Dalam waktu singkat, Don mulai menuliskan beberapa lyric lagu dan mengaransemen lagu tersebut, hingga hari ini, lagu tersebut telah memberikan semangat dan harapan kepada banyak orang percaya yang mengalami masa-masa sulit. Lyric itu seperti ini :

God will make a way,

where there seems to be no way;

He works in ways we cannot see,

He will make a way for me.

He will be my guide,

hold me closely to His side;

With love and strength for each new day,

He will make a way. He will make a way!

Lagu ini juga telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, dan memberkati banyak orang Kristen di negeri ini. Lagu ini menyatakan kebenaran yang sederhana, bahwa satu-satunya jalan untuk memiliki harapan adalah dengan memiliki Tuhan. Satu-satunya jalan untuk memiliki damai sejahtera hanyalah dengan memiliki Tuhan.

Seperti yang Paulus ingatkan kepada kita dalam Roma 15:13, harapan – sama seperti kedamaian dan sukacita – lahir dari iman. Memang benar banyak orang menyatakan memiliki iman kepada Tuhan di masa-masa menyenangkan dan indah, tetapi ketika pencobaan datang dalam kehidupan mereka, iman mereka seperti lenyap. Ketika pandangan kita kepada Tuhan mulai buram karena kesedihan, kita membutuhkan mata iman lebih dari sebelumnya.

George Macdonald, penulis dan mentor C.S Lewis pernah menulis: “Saya pikir iman tidak akan pernah mengalami kemenangan yang lebih besar daripada ketika kepercayaan di perhadapkan dengan kegelapan, keraguan dan pencobaan.” Jadi apa defini dari iman yang berkemenangan! – iman kepada Tuhan yang berkemenangan yang tidak pernah kehilangan kendali atas umat-Nya.. dan planet ini.

Kenyataannya, kehendak Allah tidak dapat digagalkan oleh penderitaan kita atau berakhir  di kuburan. Pengharapan kita terletak pada bahwa hidup kita akan merenggang jauh melebihi keberadaan bumi ini, hingga kepada kekekalan dimana kita mengalami sukacita sorgawi dan kepuasan.

Apakah Anda percaya bahwa Tuhan akan membuka jalan saat terlihat tidak ada jalan sama sekali? Ingatlah bahwa Tuhan bekerja dengan cara-Nya yang kadang tidak bisa kita lihat dan mengerti.. namun yang pasti Tuhan pasti buka jalan!

By: Dr. Stephen Davey, pendiri dari Colonial Baptist Church in Cary, North Carolina.

 

Halaman :
1

Ikuti Kami