Coba Asinan yang Menggigit Lidah Yuk!

Entertainment / 23 March 2011

Kalangan Sendiri

Coba Asinan yang Menggigit Lidah Yuk!

Lois Official Writer
3027

Beragam orang dengan beragam citarasa yang disukainya ada di dunia ini. Ada yang suka manis, asem, asin, pedas, maupun rasa nano-nano alias campur-campur. Bagi Anda pecinta makanan asin maupun asam, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mengetahui banyak rasa dan ragam asinan yang bisa mengobati rasa ngidam Anda. Ada beberapa asinan yang terdapat di ibukota Indonesia ini yaitu seperti Asinan Sayur, Asinan Betawi, Asinan Penganten, Asinan Juhi dan Asinan Buah.

Asinan Sayur, Asinan Betawi, dan Asinan Penganten sebenarnya sama-sama berbahan baku sayur. Yang membedakan ketiganya hanyalah jenis sayuran yang dipakai dan saus yang melengkapi asinan itu. Asinan sayur biasanya berkuah kacang, sedangkan asinan buah berkuah bening namun ada juga asinan buah yang menggunakan kuah kacang. Asinan penganten mirip dengan asinan sayur, hanya dilengkapi dengan kerupuk berwarna merah.

Karena bahan-bahan sayur dan buah semuanya mentah, jadi jelas faktor kebersihan sangat perlu diutamakan. Salah satu tempat yang mengutamakan higienis adalah Asinan Spesial Ny. Isye. Tempat ini cukup representative dan bersih. Semua bahan sayuran dan buah dalam keadaan tertutup sebelum diracik untuk pelanggan, sehingga kecil kemungkinan dihinggapi lalat. Asinannya juga terasa begitu sedap.

Penampilan Asinan Buah Ny. Isye nyaris sama dengan asinan buah lain. Segerombolan buah muda dan segar seperti mangga, kedondong, bengkoang, nanas, papaya, ubi merah direndam dalam kuah bening dengan warna cabai yang kuat. Yang membedakan jelas rasa kuahnya. Komposisi dan harmonisasi dari rasa asam, pedas, asin, dan manis begitu menggoda lidah, apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin di dalam mangkok. Sekali hirup, mata langsung melek terasa segarnya.

Kalau posisi Asinan Buah merupakan cemilan, Asinan Sayur ini lebih terasa sebagai makanan pembuka, mirip salad. Isi asinan ada tahu, selada, tauge, wortel, kol, timun, kacang tanah. Semuanya diguyur boros dengan saus kacang yang encer. Bagi yang terbiasa dengan kuah kacang yang pekat jangan kuatir. Walau encer tapi rasa manis asamnya kuat jadi menyatu pas dengan parade sayuran yang segar. Di bagian atas ditambahkan dengan Kerupuk Mie sebagai pelengkap kenikmatan makan Asinan Sayur ini. Jika Anda ingin segera mencobanya, datang saja langsung ke Jl. Kambohja III No.12 RT 05/11 Rawamangun 13220. Tentu Anda juga dapat mencoba makanan lain yang bisa diandalkan kelezatannya.

Sumber : yukmakan/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami