Remo: Bisnisnya Adalah Untuk Mengubah Hidup

Entrepreneurship / 17 March 2011

Kalangan Sendiri

Remo: Bisnisnya Adalah Untuk Mengubah Hidup

Puji Astuti Official Writer
4380

Kecintaannya akan alat musik drum membuat pria berumur 83 ini tidak mengenal arti kata pensiun. Dedikasi  Remo Belli membuat nama-nama terkenal seperti Mickey Hart dari Grateful Dead, Lars Ulrich dari band Metallica dan Tre Cool Green Day menjadi pelanggannya.

Belli memulai usahanya dengan nama Remo Inc pada tahun 1950-an. Ia merintis dengan membuat membrane drum, dia melanjutkan dengan memproduksi alat tabuh congas dan tambourine. Di usianya yang sudah terbilang senja, Belli masih fokus pada bisnisnya yang ia katakan sebagai bisnis yang mengubahkan kehidupan, atau pasar drum untuk amatir, terapi dan pendidikan. Pada tahun lalu, usahanya dibidang yang baru ini telah memberikan keuntungan 25% dari keseluruhan usahanya yang mencapai 50 juta dolar. Inilah kisah hidup dari Remo Belli:

Saya adalah anak laki-laki yang berasal dari Indiana, dekat South Bend. Saya tertarik dengan drum ketika berumur 12 tahun. Paman saya pemain terompet di sebuah band polka yang amat bagus, dan malamnya ketika ia bermain di Klub Italia, saya dengan kedua orangtua saya akan duduk di dekat pemain drum. Ayah saya menyarankan saya untuk bermain akordeon, tapi saya memilih snare drum. Bersama berjalannya waktu, saya masuk sekolah tinggi, dan Perang Dunia II dimulai, dan semua pemain musik professional di daftar. Jadi saat saya umur 16 tahun, saya mulai bekerja. Kami bangun pukul 6 pagi dan memainkan lagu tarian kemenangan untuk mereka yang telah semalaman bekerja. Seringkali kami bermain jazz atau swing.

Saya kemudian bergabung dengan angkatan laut dan bermain dalam band angkatan laut. Setelah masa tugas saya selesai, saya pergi ke Los Angeles hanya dengan uang $ 60 di kantong. Sejak Agustus 1946 itu, saya mulai main di berbagai tempat, yang kemudian membawa saya bertemu dengan penyanyi Anita O’Day, Betty Hutton dan banyak orang lainnya.

Di tahun 1950an, di Los Angeles ada lima toko drum, namun tidak satupun yang saya pikir memberikan apa yang seharusnya diberikan oleh sebuah toko drum. Itu harusnya menjadi tempat dimana Anda bisa bermain, berbagi atau sesuatu yang lainnya. Saya tidak pernah mendengar kata tagihan, tapi itu terjadi ketika saya melihat ada sebuah toko di Santa Monica Boulevard yang di jual. Jadi saya meminjam $2.300 dolar dari orangtua saya untuk membuka Drum City dengan seorang rekan. Saya masih tetap bermain drum saat toko itu dibuka, tapi saya memutuskan bahwa saya menyukai bisnis. Hal ini akan berjalan baik.

Toko kami seperti sebuah kelas master bagi saya. Saya berusaha diam dan membuka telinga saya. Para pemain drum akan datang dan mencoba berbagai instrument. Kami ada di tengah daerah teater – jadi kami membantu banyak film. Tony Curtis adalah pelanggan yang baik, Bill Holden, Peggy Lee, Marlon Brando, Jackie Cooper, Johnny Carson. Itu adalah saat menyenangkan di Hollywood.

Drum City akhirnya menjadi toko yang sangat penting bagi perusahaan-perusahaan. Saya akan mengunjungi mereka – kebanyakan berada di Chicago – dan disanalah Budd Slingerland, yang pada saat itu menuju Slingerland Drum Company menunjukkan pertama kali pada saya Mylar. Sebuah drum sintetis karena kulit hewan sangat bermasalah saat itu.

Saya kembali ke L.A dan mencoba Mylar tersebut. Saya katakan pada akuntan saya, Sid Gerwin bahwa hal ini menarik. Gerwin ini kemudian memperkenalkan saya pada Samuel Muchnick, yang menemukan cara untuk membuat lubang di pinggiran Mylar dengan menuangkan semacam resin cair. Hal ini membantu vibrasinya. Kami tidak ada yang pernah berkerja di pabrik dan tidak ada yang tahu akan seperti apa pasar drum ke depannya, namun kami mematenkan penemuan ini di tahun 1957 dan memulai Remo Inc.

Kami memulai sebuah fasilitas di samping Drum City, mulai dari 500 meter persegi, kemudian dalam beberapa bulan menjadi 1000 meter persegi dan tidak lama kemudian menjadi 3.000 meter persegi. Akhirnya kami pindah ke San Fernando Valley dengan luas tanah lebih dari 6.000 meter persegi. Saat ini fasilitas kami di Valencia telah menjadi 200.000 meter persegi dan kami juga memiliki sebuah fasilitas lain di China.

Bisnis bukanlah sesuatu yang rumit bagi saya. Saya memiliki aturan emas sendiri: Jika saya membuatnya dan saya mengirimkannya dan itu tidak bekerja dengan baik, maka itu adalah tanggung jawab saya. Saya senang dengan orang-orang. Saya menjalankan bisnis seperti ini, pengembangan produk dan marketing adalah tugas saya. Untuk masalah keuangan itu tugas Sid. Sam, si ahli kimia akan mengambil peran dalam pembuatan prosedur produk. Saya telah menjadi Direktur dan CEO hingga kami pindah ke Valencia 16 tahun lalu. Tetapi saya mulai menyadari bahwa pekerjaan saya lebih terfokus pada mengembangan produk. Jadi saya mulai mengangkat Brock Kaericher menjadi direktur yang menjalankan operasional perusahaan hari demi hari. Saya masih tetap CEO.

Ketika saya membutuhkan bantuan keuangan, saya sangat jarang meminta bantuan bank. Diluar sana ada banyak orang yang bersedia membantu saya. Selain itu, kami juga tidak memiliki pengeluaran yang berlebihan. Tidak ada yang memiliki keanggotaan klub tertentu, kami tidak memiliki kapal pesiar; Semuanya tidak ada. Kami semua hidup sederhana.

Pilihan drum saat ini lebih besar dari tahun 1960an. Drum etnik dari berbagai daerah mulai diminati dan melibatkan pembauran budaya. Musisi Amerika lebih tertarik dengan alat musik taiko dari Jepang, samba dari Brazil, conga dari Cuba.

Di awal tahun 90an, banyak yang tertarik untuk menggunakan musik untuk pendidikan dan terapi kesehatan. Kami sebagai industri mulai menjajaki kemungkinan menjual alat murik drum untuk kesehatan dan pendidikan ini.

Saya mulai menyadari kemana perusahaan ini akan mengarah. Di Amerika Serikat saja ada 75 juta orang yang terlibat dalam memainkan instrument musi. Jika Anda pergi ke Jepang, Taiwan, Siangapura dan banyak negara lain, ada pasar besar yang menanti. Ini adalah bisnis untuk mengubah kehidupan – dan ini adalah sebuah pasar. Ini adalah pasar potensial bagi industri ini. Ini lebih besar dari pasar Rock n’roll. Kami tidak hanya  membidik para musisi. Pasar kami adalah semua orang yang hidup.

Sumber : Inc.com
Halaman :
1

Ikuti Kami