Jika Rindu Masakan Medan Melanda Dirimu

Entertainment / 16 March 2011

Kalangan Sendiri

Jika Rindu Masakan Medan Melanda Dirimu

Lois Official Writer
5308

Lokasi Lontong Medan Kuncay yang ada di Cikajang ini cukup mudah ditemukan karena spanduk besar yang cukup menarik perhatian. Sebuah etalase besar ditaruh tepat dekat pintu masuk. Rumah makan ini cukup bersih dengan etalase yang selalu tertutup rapat sehingga lalat maupun binatang lainnya tidak dapat masuk.

Rumah makan mungil ini memang spesialisnya makanan Medan. Menu makanan yang khas tentu saja lontong, sesuai dengan namanya. Potongan lontong yang lembut kenyal melintang ditemani sepotong daging rendang yang empuk langsung menggoda ketika disajikan. Apalagi ditambah dengan sayur gurih labu siam, nangka, kering kentang, dan tempe plus balado telur. Racikan lontong sayur khas Medan ini memang lezat mantap!

Lontong Medan ini dibanderol seharga Rp 32 ribu dengan pilihan daging sapi, ayam, ataupun telur. Kuahnya yang berwarna cokelat kemerahan, dengan sambal goreng berwarna merah terlihat garang ditaruh di salah satu sisinya. Kuah santannya sendiri tidak terlalu kental dan tak bikin eneg. Lontongnya sedikit berwarna kehijauan karena dibungkus dengan daun pisang, membuat Anda dapat makan dengan nikmat meski tanpa sayur lainnya. Di atasnya diberi kentang goreng yang dipotong kecil panjang.

Selain lontong, ada juga nasi komplet. Lauknya bisa dipilih sate kerang, telur balado, rendang, dan lain-lain. Ada juga jajan pasar seperti kue lupis, cenil dan es campur Medan. Coba saja lupisnya. Lupis yang berbentuk segitiga ini empuk dengan balutan kelapa muda parut yang sangat menggiurkan. Lelehan gul merahnya kental membalut lupis ini. Rasanya manis legit dan menebar wangi gula merah.

Jika Anda rindu akan masakan khas Medan seperti lontong Medan ini, mampir saja di Lontong Medan Kuncay Jl. Cikajang No.2B Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami