Nusakambangan Akan Dipasang Pengacak Sinyal Ponsel

Nusakambangan Akan Dipasang Pengacak Sinyal Ponsel

Lois Official Writer
2839

Terbongkarnya kasus peredaran narkotika di Lembaga Pemasyrakatan Narkotika Nusakambangan Cilacap membuat pengamanan di penjara itu semakin diperketat. “Dari empat regu jaga yang ada, masing-masing regu akan ditambah personel 2-3 orang,” terang Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Mayung Mataram, Jumat (11/3). Sebelumnya setiap regu hanya terdiri dari lima orang. Personil tambahan tersebut akan didatangkan dari luar Nusakambangan.

Langkah pengamanan lainnya, kata Mayun, bulan depan di penjara khusus kriminal narkotik itu akan dipasang alat pengacak sinyal. Dengan alat tersebut, telepon seluler di tempat itu tidak bisa berfungsi. “Berapa jumlahnya akan kami lihat dulu anggarannya. Kalau ada anggaran bisa dipasang di tujuh Lapas lain yang ada di Nusakambangan,” katanya.

Langkah tersebut dilakukan menyusul ditangkapnya Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika, Marwan Adli. Marwan ditangkap BNN karena diduga telah menerima aliran dana peredaran narkotik yang dikendalikan dari Nusakambangan oleh Hartoni Jayabuana yang sudah ditangkap lebih dulu.

Karena itulah, saat ini pelaksana tugas Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika akan dilantik. “Sambil menunggu proses hukum selesai, kami sudah melantik Plt Kalapas Narkotika,” kata Mayun.

Menurut Direktur Narkotika Alami Badan Narkotika Nasional, Benny Mamoto, mengatakan masih banyak kasus serupa di Nusakambangan. “Ini sudah bukan rahasia umum, semua orang sudah tahu,” katanya. Ia menyatakan baru akan mengungkap kasus lain di Nusakambangan, jika kasus yang diduga melibatkan Marwan sudah selesai. “Kami fokus dulu dengan kasus ini, baru melangkah ke kasus yang lain,” tambahnya.

Jika penjara bukan lagi tempat untuk menghukum orang-orang yang bersalah, tapi malah menjadi sarang penjahat bertransaksi, hal yang sangat ironis bukan? Penjara seharusnya menjadi tempat dimana napi belajar hal-hal berguna seperti membatik kain seperti gambar di atas. Mereka dibekali agar kelak bisa dipraktekkan untuk melakukan hal-hal yang berguna.

Sumber : tempointeraktif/lh3

Ikuti Kami