Robot Penolong Anak Pengidap Autis Diluncurkan

Nasional / 10 March 2011

Kalangan Sendiri

Robot Penolong Anak Pengidap Autis Diluncurkan

daniel.tanamal Official Writer
3597

Para ilmuwan di University of Hertfordshire yang pernah membuat robot penolong anak pengidap autis versi Kaspar pada 2005 lalu kini mengeluarkan model terbaru yang terbuat dari patch silikon sehingga kulit robot mirip dengan kulit manusia. Hal ini bisa membantu anak-anak pengidap autis menjadi lebih nyaman saat menyentuh orang.

Konsultan autisme Nan Cannon-Jones mengatakan, robot itu membantu anak-anak memahami emosi dan bahasa. Seperti gadis kecil berumur 4 tahun bernama Eden Sawczenko yang mengidap autis dapat mulai bermain dengan robot yang mengajarkan tentang emosi dan kontak fisik. "Dia jauh lebih sayang dengan teman-temannya sekarang dan bahkan mulai memeluk mereka," kata Claire Sawczenko, ibu Eden.

Hampir 300 anak-anak di Inggris menderita autisme, sebuah gangguan yang mempengaruhi perkembangan interaksi sosial dan komunikasi. Anak autis bisa bermain dengan robot itu selama 10 menit bersama seorang ilmuwan yang mengendalikan robot dengan
remote control. Robot bernama Kaspar ini bisa bersuara dan berkata, "Hello, nama saya Kaspar. Ayo main bersama". Kemudian tertawa, menyentuh, menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah, menyembunyikan wajah dengan tangan, menangis dan sakit ketika ditampar terlalu keras. Kaspar juga bisa tersenyum, cemberut, berkedip dan memeluk

Ada beberapa robot versi Kaspar yang dibanderol sekitar US$2.118 itu bisa dimainkan di Nintendo Wii. Meski robot ini masih dalam tahap percobaan, namun peneliti berharap bisa memproduksinya secara massal dalam satu hari. "Anak-anak dengan autisme tidak bereaksi dengan baik karena mereka tidak mengerti ekspresi wajah. Karena itu, kita ciptakan sebuah robot yang bisa mengajarkan ekspresi wajah," kata Ben Robins, Peneliti Senior Ilmu Komputer di University of Hertfordshire.

.

 

 

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami