6 Isu Pertengkaran Dalam Mengasuh Anak

6 Isu Pertengkaran Dalam Mengasuh Anak

Lestari99 Official Writer
2907

Tak peduli apakah Anda masih baru dalam peranan sebagai ayah dan ibu maupun Anda yang sudah berpengalaman sekalipun, seringkali ada isu-isu tertentu yang membuat kemitraan Anda menjadi medan perang.

Dari masalah kakek nenek yang ikut campur sampai masalah pembagian tugas rumah tangga. Berikut ini adalah 6 isu paling umum yang dihadapi orangtua dan seringkali menjadi sumber konflik dan bagaimana mencapai kesepakatan untuk memuluskan perjalanan Anda berdua sebagai orangtua.

1. Keterlibatan Kakek Nenek

Ketika menghadapi cucu, kakek dan nenek cenderung mengabaikan aturan Anda dan memanjakan anak-anak. Meskipun mertua Anda dapat mendorong Anda ke dinding, cobalah untuk memulai pembicaraan mengenai hal ini dengan tenang dan menawarkan solusi yang sudah Anda pikirkan sebelumnya untuk situasi yang Anda hadapi.

2. Kritikan Mengenai Cara Pengasuhan

Tidak ada aturan baku bagi orangtua untuk mendidik anaknya, namun ketika Anda melihat bagaimana cara pasangan Anda mengganti popok atau saat Anda memaksa anak makan saat ia masih ingin bermain, seringkali orangtua cepat saling mengkritik satu sama lain. Sebelum Anda menyuarakan pendapat Anda mengenai alasan kenapa memberi makan anak seperti pesawat terbang lebih baik daripada mengikuti keinginan anak untuk terus bermain tanpa makan, ingatkan diri Anda bahwa cara yang Anda pakai tidaklah lebih baik dari cara pasangan Anda. Kesehatan dan keamanan haruslah menjadi perhatian bersama, dan pilihlah pertempuran Anda.

3. Melarikan Diri Untuk “Me Time”

Masalah utama dari mengasuh anak adalah hilangnya “me time”, yang pada akhirnya sering membuat Anda pergi sesaat untuk mencuri-curi waktu yang pada akhirnya justru kebablasan. Untuk membantu Anda mengatasi kebutuhan ini, berkomunikasilah dengan pasangan Anda dan tetapkan waktu sehingga Anda berdua memiliki waktu yang cukup untuk diri sendiri.

4. Membagi Tugas Rumah Tangga Dan Tugas Menjaga Bayi

Sebelum anggota keluarga Anda bertambah, pembagian pekerjaan rumah tangga dapat dilakukan dengan jelas. Namun ketika lahir anak-anak dan menjadi tanggung jawab tambahan bagi Anda berdua, Anda harus mengatur waktu untuk membagi tugas rumah tangga dan tugas menjaga bayi sehingga tidak ada kebingungan maupun timbulnya kebencian sehingga Anda berdua terhindar dari masalah yang seringkali menjadi sumber percekcokan orangtua.

5. Bagaimana Mendisiplin Anak Anda

Ada ribuan tips yang mengajarkan orangtua akan bagaimana mendisiplin anak-anak Anda, namun saat tiba waktunya untuk memberikan hukuman, orangtua seringkali menemukan mereka berada di halaman yang berbeda. Ketika Anda menemukan bahwa Anda berdua belum sepakat bagaimana bentuk seharusnya dari mendisiplin anak, luangkan waktu sejenak dengan pergi dari hadapan si kecil dan hindari si kecil mendengarkan percakapan Anda, lalu diskusikanlah bagaimana Anda seharusnya mendisiplin anak-anak Anda.

6. Memutuskan Siapa Yang Bangun Saat Anak Terbangun Di Jam Tidur Anda

Memiliki anak-anak biasanya membuat orangtua menjadi kurang tidur. Apakah itu bangun dengan bayi di tengah malam atau bangun dengan anak di pagi buta. Sepakatilah jadwal secara bersama-sama untuk menghindari kepahitan dan perasaan dongkol karena merasa pasangan Anda tidur lebih lama dari Anda.

Salah satu tips yang paling penting bagi orangtua adalah ini: Cara terbaik bagi orangtua untuk mengasuh anak adalah dengan mengasuhnya secara bersama-sama. Ingatlah, bahwa mengasuh anak membutuhkan usaha tim. Sebuah tim terdiri dari orang yang memiliki keahlian dan cara yang berbeda untuk melakukan sesuatu. Menjadi tim orangtua lebih sebagai memberikan dukungan kepemimpinan satu sama lain dan mengurangi pengasuhan menurut cara kita sendiri. Sekali Anda membuka jalur komunikasi dan fokus untuk mendukung satu sama lain, Anda akan menemukan bagaimana Anda saling berbagi pendapat mengenai pengasuhan dan Anda menyadari bagaimana Anda dapat menghindari beberapa isu pengasuhan yang seringkali menjadi sumber konflik.

Sumber : shine

Ikuti Kami