Benarkah Balon Bisa Menerbangkan Rumah?

Nasional / 9 March 2011

Kalangan Sendiri

Benarkah Balon Bisa Menerbangkan Rumah?

Lois Official Writer
5458

Masih ingatkah Anda dengan sebuah film kartun berjudul Up! buatan Pixar beberapa bulan lalu? Film ini mengisahkan tentang orang tua dan anak kecil yang berpetualang ke Amerika Selatan dalam sebuah rumah yang diterbangkan oleh balon. Lantas, benarkah ratusan balon bisa mengangkat sebuah rumah dengan beberapa orang di dalamnya?

Ide rumah yang bisa diangkat oleh balon di film ini coba diwujudkan oleh tim National Geographic. Dan ternyata bisa! Dengan menggunakan 300 balon helium, mereka berhasil mengangkat rumah setinggi 10 ribu kaki (sama dengan 10 tingkat) selama satu jam meskipun memang rumah yang diangkat bukanlah rumah betulan, melainkan rumah ringan yang terdiri dari papan.

Sebelumnya, Produser eksekutif Ben Bowie mengatakan timnya pesimis bisa mengangkat rumah dengan 300 balon. Namun ternyata berhasil dan itu mengagetkan semua orang. Uji coba ini sudah menggembirakan para kru. Setidaknya, Up! bukanlah film animasi yang hanya bisa dikhayalkan semata.

Mungkin suatu hari nanti Anda bisa mengadakan ujicoba serupa dengan jumlah balon yang lebih banyak lagi? Siapa tahu Anda pun dapat merasakan petualangan luar biasa seperti dalam film ini, dengan rumah yang diberi 3000 balon helium misalnya? Siapa tahu… Jadi jangan takut untuk bereksperimen selama memang bermanfaat.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami