Dari Manakah Asal Usul LOL?

Nasional / 8 March 2011

Kalangan Sendiri

Dari Manakah Asal Usul LOL?

Lois Official Writer
6063

Banyak di antara pengguna laman jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Yahoo! Messenger, mungkin salah satunya adalah Anda yang sering mengetik atau melihat kata LOL (Laugh Out Loud). Kata ini sering dinyatakan sebagai bentuk tertawa keras karena menanggapi pernyataan lawan bicaranya. Namun, sebenarnya dari manakah asal usul kata LOL di internet ini? Ternyata selain Laugh Out Loud, LOL juga bisa berarti Lots of Luck (banyak keberuntungan) dan lots of love (banyak cinta).

Tentu tidak semua orang yang menggunakannya tahu dari mana kata ini berasal. Menurut penelusuran Associated Press, kata LOL ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980-an. Bahasa ini akrab di kalangan para peretas (hacker) komputer meskipun tidak sepopuler sekarang. Saat kemajuan teknologi makin terasa, yaitu pada masa CompuServe dan Netcom, pertengahan tahun 1990-an, dan ketika America Online menjadi salah satu lama unggulan, kata LOL menjadi hits di chat room dan istant messaging.

Setelah itu, muncul juga akronim-akronim baru seperti ROFL (rolling on the Floor Laughing) atau LMAO (Laughing My Ass Out). Namun di tahun 2004, penggunaan kata ini dimasukkan dalam “Daftar Kata yang Harus Dihilangkan Karena Terlalu Sering Digunakan, Disalahgunakan, dan Tidak Berguna” yang dikeluarkan oleh Universitas Michigan.

Namun sepertinya kata LOL mulai muncul lagi di abad millennium ini, sepertinya kata ini makin menjamur di segala kalangan, khususnya bagi para ‘peselancar’ di internet. Tertawa itu indah, LOL.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami