Kota

Nasional / 4 March 2011

Kalangan Sendiri

Kota "Kapal Nuh" Masa Depan Segera Tercipta

Lois Official Writer
4127

Akan segera tercipta kota metropolis yang sepertinya mirip ilusi tapi nyata. Kota ini akan mampu terapung. Kota ini dibangun untuk memecahkan solusi atas kehancuran kota akibat cuaca ekstrim. Inilah kapal Nuh modern yang akan hadir ke dunia. Kota Nuh atau Noah (New Orlean Arcology Habitat) ini merupakan proposal perubahan lingkungan yang ditawarkan kelompok desain asal Boston, Amerika Serikat.

Dengan tinggi 365 meter, seluas 9.1 juta meter persegi serta sejumlah rumah yang bisa digunakan untuk setidaknya 40 ribu penduduk. Mereka juga menawarkan taman, lift dengan komuter vertical dan lantai bergerak bagi pejalan kaki. “Tantangan pertama adalah mengatasi kerusakan fisik dan psikologis yang berulang akibat cuaca buruk,” ujar Kevin Schopfer yang merancang konsep ini.

Dari situlah, muncul kebutuhan untuk menyediakan lingkungan yang stabil dan aman dalam jangka panjang agar tercipta kesejahteraan ekonomi. Dengan mengambil contoh lingkungan New Orleans, tim mengakui temukan kesulitan karena kawasan itu memiliki banyak air. “Kota ini dibangun di dekat permukaan air laut sehingga rentan terhadap banjir dan badai. Selain itu, kondisi tanah sangat liat sehingga banyak debu dan tanah yang lembut.”

Schopfer menegaskan rancangan ini bisa dimanfaatkan di berbagai kawasan pesisir dan mampu mengapung dalam posisi tetap selamanya. Lingkungan baru itu rencananya hadir di tepi Mississippi dan meluas hingga ke sungai. Rencana pembuatan kota Noah ini mungkin merupakan ‘perahu kedua’ bagi masyarakat di sana agar terbebas dari banjir dan badai, sama seperti jaman Nuh dulu. Mungkin saja kota ini dapat dibangun di negara-negara lain yang rawan banjir bandang.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami