Meski Yahudi, Mereka Kebanyakan Memeluk Kristen

Nasional / 3 March 2011

Kalangan Sendiri

Meski Yahudi, Mereka Kebanyakan Memeluk Kristen

Lois Official Writer
4718

Meskipun di Manado banyak keturunan bangsa Yahudi, namun sebagian besar tak lagi memeluk agama Yahudi sebagai panduan hidupnya melainkan beralih menjadi penganut Kristen. Kepala Divisi Informasi dan Komunikasi Komunitas Yahudi Sulawesi Utara Irvan Grossman mengatakan sebagian besar keturunan Yahudi memeluk Katolik dan Protestan. “Bahkan ada keturunan Yahudi memeluk agama Islam,” kata Grossman di salah satu hotel di Kota Manado.

Grossman menjelaskan sejak diakui eksistensinya sebagai Yahudi dari tahun 2004, penganut ajaran agama Yahudi hanya sekitar 5-7 orang. “Pertama tentunya Raabi Yaakov Baruch Palilingan dan keluarga Bollegraf. Jadi penganut agama Yahudi itu termasuk sangat kecil,” kata Grossman. Kecilnya penganut agama Yahudi di Sulawesi Utara ini lebih dikarenakan banyaknya nenek moyang yang mengikuti agama daerah yang ditinggali ataupun mengikuti agama pasangan hidupnya.

Grossman meskipun memeluk Kristen, namun tetap mengikuti sejumlah perayaan agama Yahudi di Synagogue Ohel Yaakov desa Rerewokan Kecamatan Tondano, begitu juga pemeluk lainnya. “Saya sendiri sering mengajak keluarga saya ke Synagogue mengikuti sejumlah perayaan di sana,” kata Grossman. “Hal ini saya lakukan untuk memberitahu anak-anak dan keluarga saya, inilah saya keturunan Yahudi,” kata sarjana Teologia itu.

Kebudayaan Yahudi memang terasa sangat kental meskipun masyarakat Yahudi di sana tidak lagi memeluk agama Yahudi. Hal ini memang diperlukan agar kebudayaan tersebut tidak hilang begitu saja, selama memang tidak bertentangan dengan kepercayaan / agama yang mereka pegang sekarang. Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dalam, Anda bisa langsung mengunjungi kebudayaan Yahudi yang ada di Sulawesi Utara ini.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami