Pemeluk Katolik Dunia Bertambah, Jumlah Biarawati dan Pendeta Turun Drastis

Internasional / 1 March 2011

Kalangan Sendiri

Pemeluk Katolik Dunia Bertambah, Jumlah Biarawati dan Pendeta Turun Drastis

daniel.tanamal Official Writer
5195

Otoritas tertinggi Katolik dunia Vatikan telah mempublikasikan data signifikansi pertumbuhan pemeluk Katolik Roma di seluruh dunia yang mengalami pertumbuhan sebesar 1,3 persen pada 2009 menjadi 1,181. Namun hal tersebut justru berbanding terbalik dengan jumlah imam pendeta juga biarawati yang dinilai turun drastis.

Dirilis oleh AFP, menurut publikasi Vatikan itu jumlah pertumbuhan ini terlihat pada urutan terbesar yang berada di Amerika Latin yang menjadi rumah bagi 13,6 persen penduduk dunia. Satu dari 2 orang penduduk Amerika Latin (49,4 persen) beragama Katolik. Sedangkan di Eropa hampir satu dari 4 orang penduduknya (24  persen) adalah pemeluk Katolik atau sekitar 10 persen dari total penduduk dunia, diikuti Asia yang merupakan 60,7 persen dari total penduduk dunia, 10,7 persen penduduknya menganut Katolik dan Afrika hingga Oseania, jumlah pemeluk Katolik mencapai 15,2 pesen atau 0,8 persen dari total penduduk dunia.

Kontras dengan data pertumbuhan umat Katolik di seluruh dunia meningkat, terutama di Asia dan Afrika, jumlah biarawatinya justru mengalami penurunan drastis dari 739.068 pada 2008 menjadi 729.371 pada 2009. Walau jumlah uskup meningkat 1,3 persen menjadi 5.065 orang. Jumlah uskup di Afrika dilaporkan mengalami kenaikan tajam sebesar 1,8 persen sementara di Asia hanya  0,8 persen.
 
Menipisnya jumlah imam pendeta di Eropa, walau secara keseluruhan di seluruh dunia mengalami data stabil terutama disebabkan oleh semakin menurunnya daya tarik kalangan muda di benua itu untuk hidup selibat. Hal krusial dan vital yang saat ini sedang dipertentangkan dan diperdebatkan oleh para petinggi-petinggi agama Katolik dunia.

 

Sumber : AFP/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami