Mengatasi Tekanan Hidup

Kata Alkitab / 23 February 2011

Kalangan Sendiri

Mengatasi Tekanan Hidup

Puji Astuti Official Writer
7777

Yesus Kristus mengalami tekanan secara konstan.  Banyak tuntutan yang melelahkan. Dia jarang bisa punya privasi. Seringkali ada banyak gangguan; orang-orang berulangkali salah mengerti kepada Dia, mengkritik Dia dan mempermalukan Dia.  Bagaimana cara Yesus mengatasi tekanan dalam hidup-Nya?

1. Identifikasi

Yoh. 8:12; 10:9, 11, 36; 14:6 

Yesus tahu identitas-Nya! Untuk bisa mengatasi tekanan, Saudara harus tahu siapa diri Saudara.  Kalau Saudara tidak tangani hal ini maka Saudara selalu merasa tertekan karena merasa tidak aman.

 2. Prioritas

Yoh. 5:30 “..Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.”

Kalau Saudara fokus untuk menyenangkan Tuhan, maka hal itu akan menyederhanakan kehidupan Saudara. Saudara akan melakukan hal yang benar, berpikir secara benar, hal-hal yang menyenangkan Tuhan…tidak peduli apa kata orang. 

3. Rencana 

Yoh. 8:14 Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi.

Kalau Saudara tidak punya rencana dan tidak menetapkan prioritas, maka Saudara akan mengalami tekanan oleh apa yang orang lain anggap penting. 

4. Konsentrasi

Yesus menolak untuk diganggu fokusnya oleh hal-hal yang kurang penting. Yesus tidak ijinkan hal-hal yang mengganggu merusak konsentrasi-Nya untuk mencapai sasaran hidup-Nya.

5. Delegasi

Markus 3:13    Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan mereka pun datang kepada-Nya

Jangan berusaha melakukan segala sesuatu sendirian. Sering kita tegang dan stress karena kita pikir segala sesuatu bergantung pada kita. Gunakan prinsip pendelegasian.

6. Berdoa

Markus 1:35  Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

Doa itu pereda stress paling luar biasa. Doa adalah alat-Nya Tuhan untuk melepaskan semua kekuatiran Saudara. 

7. Rekreasi

Istirahat dan rekreasi bukan merupakan pilihan dalam hidup ini. Istirahat itu penting sekali sampai-sampai Tuhan memasukkannya dalam 10 Perintah Tuhan. Hari Sabat itu diciptakan untuk manusia karena Tuhan tahu bahwa fisik, emosi dan rohani kita perlu istirahat secara periodic juga.

8. Berserah 

Matius 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Hal-hal apa yang membuat Saudara stress? Serahkan kepada Tuhan sekarang!

Halaman :
1

Ikuti Kami