Kapan Kemiskinan Akan Berakhir Kalau Begini?

Nasional / 18 February 2011

Kalangan Sendiri

Kapan Kemiskinan Akan Berakhir Kalau Begini?

Lois Official Writer
3308

Ekonom Faisal Basri mengatakan penurunan angka kemiskinan saat ini terbilang lamban bila dibanding pada periode 1996-2010. “Mengesalkan. Belum merdeka kalau angka kemiskinan masih dua digit. Penurunan kemiskinan jalan di tempat,” ujarnya di Hotel Saripan Pasific Jakarta, Kamis (17/2).

“Laos turun cepat sekali, bisa menyusul Indonesia. Vietnam sekarang lebih baik dari Indonesia. Ini, versi US$1 dari World Bank. Kalau US$2, tren hampir sama. Di Indonesia turun lambat. Vietnam turun drastis. Di Indonesia ada yang salah, nggak pantas dibanggakan,” katanya.

Menurutnya, anggaran kemiskinan yang disediakan pemerintah terus meningkat namun realisasinya tidak terlihat pada turunnya angka kemiskinan. “Anggaran kemiskinan naik luar biasa. Tapi jumlah orang miskin turun lambat. Jangan-jangan anggaran ini banyak habis untuk biro, yang ke orang miskin nggak besar. Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan tidak punya rekap program pengurangan kemiskinan di setiap K/L. Ada masalah efektivitas, dibandingkan negara-negara lain. Ada yang salah dalam mekanisme, tatanan, dan konsep pengurangan kemiskinan,” paparnya.

Menurut Badan Pusat Statistik daya beli penduduk hampir miskin semakin berkurang dan mereka masuk ke dalam golongan penduduk miskin, apalagi laju inflasi yang tidak bisa terkendali ini membuat jumlah penduduk miskin tidak berkurang jauh. “Kalau nggak hati-hati, ada gejolak harga sedikit saja, seperti inflasi sudah 6.96 persen pada 2010, yang jauh dari perkiraan, bisa menambah banyak penduduk hampir miskin menjadi miskin. Maka setiap kebijakan betul-betul harus diperhitungkan dampaknya juga pada penduduk hampir miskin,” paparnya.

Kesenjangan sosial antara masyarakat kaya dan miskin pun semakin nyata. Di jalanan sering terlihat mobil-mobil lewat dari berbagai merk dan jenis. Namun, di jalanan dapat terlihat juga bagaimana anak-anak berkeliaran meminta uang. Apa yang bisa kita lakukan? Berikan mereka ‘kail’ agar mereka bisa mencari ‘ikan’ sendiri, khususnya bila Anda merasa mampu.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami