Plastik Super Mengobati Gagal Jantung

Info Sehat / 18 February 2011

Kalangan Sendiri

Plastik Super Mengobati Gagal Jantung

Lestari99 Official Writer
4161

Sebuah tekhnologi yamg dikembangkan NASA untuk program penelitian luar angkasa berkecepatan tinggi kini digunakan sebagai alat implan untuk operasi jantung.

Gagal jantung terjadi ketika otot jantung tidak dapat memompa secara efektif untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan darah dan oksigen. CRT (Cardiac Resynchronisation Therapy) dirancang untuk mengkoordinasikan kontraksi dari dua katup jantung yang lebih rendah dan meningkatkan efisiensi jantung untuk meningkatkan aliran darah ke tubuh.

Pusat Penelitian Langley NASA di Hampton menciptakan resin ruang angkasa canggih yang sangat fleksibel, tahan terhadap bahan kimia, dan tahan terhadap suhu panas dan dingin yang ekstrim. Bahan ini merupakan bahan inert biologis, sehingga cocok untuk keperluan medis, termasuk perangkat yang dapat dijadikan implan. Berikut adalah penjelasan lebih mendalam mengenai plastik super ini.

Apakah Plastik Super NASA Itu?

Plastik super merupakan bahan yang diciptakan NASA sebagai isolasi dalam spacecraft. Plastik ini merupakan lapisan tipis yang fleksibel, yang memungkinkan perampingan dari bipolar timah tubuh. Ini adalah proses mantel ganda, yang meningkatkan cakupan isolasi. Plastik ini merupakan timah tertipis di dunia yang digunakan dalam CRT.

Apakah NASA Mengacaukan Tekhnologi?

Super plastik isolasi NASA memiliki kualitas isolasi listrik yang unggul, yang memungkinkan timah tubuh tertipis ini mendapatkan posisi dengan mudah. Bahan yang digunakan dalam CRT adalah sebuah alat implan miniatur yang dirancang untuk membantu pasien dengan gagal jantung kongestif dengan mengutak-atik kontraksi jantung. Hal ini digunakan dalam pacing bi-ventrikular, yang merupkaan prosedur non bedah dimana lubang kecil dibuat dan timah tersebut dimasukkan ke dalam lubang. Perangkat ini mengirimkan aliran listrik kecil melalui kabel halus yang berjalan melalui vertikel kiri dan kanan pasien yang menderita gagal jantung.

Plastik ini mengisolir sebuah kabel yang menghubungkan perangkat CRT ke jantung pasien. Seseorang dengan gagal jantung menjalani operasi di mana dokter harus mengirimkan timah melalui sebuah kateter. Implan CRT yang terpasang kemudian akan membantu dalam resynchronisation kontraksi jantung untuk meningkatkan aliran darah. Sementara penempatan awal timah dianggap sebagai langkah paling sulit dalam CRT, fleksibilitasnya yang unik dan sifatnya yang tahan panas dari plastik super NASA ini akan meningkatkan proses itu.

Penggunaan Dan Artinya

Plastik super NASA digunakan untuk prosedur CRT karena dapat membantu menempatkan timah pada posisinya yang benar. Prosedur yang lama – meskipun menggunakan CRT – tidaklah fleksibel dan karenanya tidak dapat mencapai tempat yang diinginkan. Super plastik NASA merupakan timah tertipis di dunia dan juga mudah dipakai. Biokompatibelnya memudahkan tubuh untuk menerimanya. Fleksibilitas dari kabelnya memungkinkan akses yang mudah ke ventrikel kiri jantung sehingga mudah untuk menempatkannya di posisi yang tepat.

Menggunakna plastik ini telah membuat prosedur CRT menjadi lebih mudah dan tidak memakan waktu. Tingkat keberhasilan juga meningkat dengan tajam.

Manfaat Dari Palstik Super NASA

  • Mengurangi upaya untuk mengarahkan timah ke tempat yang diinginkan.
  • Mengurangi dislodgements timah kronis.
  • Mengurangi waktu pemasangan implan.
  • Meningkatkan sub-seleksi vena koroner.

Tidak ada efek samping yang didokumentasikan dalam hal ini sampai sekarang. Seorang pasien akan pulih dalam waktu 24 jam dan tidak ada tindakan pencegahan yang berbeda dari CRT normal yang digunakan.

Prosedurnya adalah non-bedah (dilakukan melalui kateter). Sejauh ini tekhnologi ini hanya tersedia di Indraprastha Apollo, New Delhi.

Sumber : completewellbeing.com
Halaman :
1

Ikuti Kami