Ilmuwan Terangkan Bagaimana Tata Surya Terbentuk

Nasional / 17 February 2011

Kalangan Sendiri

Ilmuwan Terangkan Bagaimana Tata Surya Terbentuk

Lois Official Writer
3376

Ilmuwan tak yakin bagaimana tata surya terbentuk namun mereka menyepakati bahwa tata surya ini terbentuk 4.6 miliar tahun silam. Lalu bagaimana terbentuknya matahari? Mereka mengatakan bahwa awalnya gas terkumpul dalam pusat yang padat dari sebuah putaran disk dan menciptakan protosun.

Tabrakan antara molekul pun memanas dan akhirnya suhu meningkat sekitar 10 juta derajat celsius. Menurut ulasan dari seorang astronom di ‘From Suns to Life’, suhu ini benar-benar panas dan tabrakan ganas memicu reaksi nuklir yang mengubah protosun menjadi sebuah bintang. Proses ini sendiri butuh 100 ribu tahun lamanya.

Bagaimana terbentuknya planet kalau begitu? Di sekitar matahari muda itu ada sebuah proses yang disebut ‘akresi’ dimana terbentuklah planet, bulan, komet, dan asteroid. Partikel kecil saling bertabrakan dan membentuk badan yang lebih besar dan akhirnya mencapai ukuran planet. Partikel-partikel ini akhirnya menjadi mampu menciptakan gravitasinya sendiri. Di daerah dekat matahari, air cenderung menguap, gas tersapu keluar dan material seperti silicon dan logam pun berkondensasi memadat, itulah yang menyebabkan terbentuknya bumi ini.

Planet-planet lain yang suhunya jauh lebih dingin dan es berlimpah memungkinkan badan lebih besar terbentuk dan menciptakan inti planet seperti Jupiter dan Saturnus. Gravitasi inti ini cukup besar untuk menarik gas dari nebula sekitar dan gas raksasa di tata surya terluar.

Di luar Neptunus, tak cukup ada bahan bagi planet untuk menumbuhkan raksasa gas. Potongan ini mengerdil dan membentuk sabuk Kuiper. Model nebular ini menjelaskan mengapa semua planet mengorbit rotasi matahari. Sedangkan teloskop baru-baru ini berhasil mengambil gambar saat awal pembentukan tata surya lain di seluruh alam semesta yang menunjukkan apa yang kita yakini secara langsung sebagai matahari.

Wow, tentunya kejadian ini ada ‘tangan’ yang mengatur. Bagaimana partikel-partikel itu sampai bisa bekerja dan menjadi tata surya yang baru. Tentunya itu tangan Tuhan yang kuat perkasa.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami