Pengacara

Nasional / 16 February 2011

Kalangan Sendiri

Pengacara "Setan" Saddam Husein dan Charles Manson Diringkus

daniel.tanamal Official Writer
5052

Salah satu pengacara Eropa yang sempat diperhitungkan keberadaannya bahkan menjadi idola bagi beberapa kelompok pemuda dari suatu ideologi tertentu, diringkus oleh kepolisian Spanyol Selasa (15/2) atas tuduhan penggelapan, penipuan, pencucian uang dan pencurian. Pengacara “Setan” demikian julukan angker media massa yang melekat pada dirinya.

Giovanni Di Stefano demikian nama lengkapnya, pernah menjadi anggota tim pembela mantan Presiden Irak Saddam Hussein, serta pembunuh berantai Charles Manson dan perampok kereta api di Inggris Ronnie Biggs. Di Stefano ditangkap di Palma, ibu kota Majorca, pulau di Laut Tengah milik Spanyol, berdasarkan surat perintah penangkapan Eropa yang dikeluarkan Badan Intelijen Inggris.

Di Stefano yang berusia 55 tahun, pernah menjadi ditektur klub sepak bola, FC Dundee dari Skotlandia. Menurut harian Spanyol, El Mundo dirinya ditangkap Senin malam di sebuah vila mewah di Palma. Setelah penangkapannya, ia dibawa ke rumah sakit untuk perawatan karena kondisi kesehatannya yang tidak diungkapkan, lapor harian itu yang mengutip sumber-sumber polisi.

Departemen Dalam Negeri Spanyol mengatakan, "pengacara setan" itu dituduh terlibat dalam 18 kejahatan yang jika terbukti ia bisa dihukum 75 tahun penjara. Kejahatan-kejahatan yang dituduh telah dilakukannya antara tahun 2004 dan 2009 ketika ia menerima sejumlah besar uang setelah memperkenalkan dirinya sebagai penasehat hukum padahal dirinya tidak pernah mendapat akreditasi untuk berpraktek sebagai pengacara.

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami