Belajar Kesetiaan Dari Keluarga Kelelawar

Internasional / 16 February 2011

Kalangan Sendiri

Belajar Kesetiaan Dari Keluarga Kelelawar

daniel.tanamal Official Writer
4815

Ternyata kesetiaan bukan hanya dimiliki oleh hewan jenis anjing saja, seperti yang dideskripsikan dalam kisah anjing bernama Hachiko yang termasyur di Shibuya Jepang hingga masyarakat sekitar membuat patung untuk menghormatinya. Satu-satunya hewan jenis mamalia yang bisa terbang yaitu Kelelawar ternyata salah satu spesies yang punya tingkat kesetiaan yang tinggi.

Fakta ini dipublikasikan di jurnal Proceedings of the Royal Society B yang terbit baru-baru ini oleh Professor Gerald Kerth dari Universitas Greifswald, Jerman dan timnya. Studi yang memakan lima tahun penelitian menunjukkan bahwa kompleksitas kehidupan hewan seperti kelelawar mampu menjaga kesetiaan dengan kerabat dekat, keluarga, dan koloninya dalam jangka panjang. Selain juga gajah, lumba-lumba, beberapa hewan karnivora dan primata yang juga mempertahankan hubungan sosial mereka

Dua koloni hewan Batman dengan 20.000 pengamatan dilakukan dengan penandaan microchip saat kelelawar sedang bertengger yang memudahkan observasi. Hasilnya mengungkap bahwa kelelawar dalam berbagai rentang umur, ukuran, status reproduksi dan kekerabatan mempertahankan hubungan jangka panjang. Peneliti memperlihatkan bahwa kelelawar mampu mempertahankan struktur keturunan selam bertahun-tahun. "Hubungan antara sub unit tersebut terutama dipertahankan oleh kelelawar yang lebih tua dan bertahan selama bertahun-tahun," ungkap peneliti dalam publikasinya.

Satu hal yang dapat kita petik dalam penelitian ini adalah jika hewan saja mempunyai nilai kesetiaan yang begitu tinggi lalu sampai sejauh mana tingkat kesetiaan itu pada manusia (tanpa sedikitpun mau menyamakan manusia dan hewan seutuhnya) terlebih di Indonesia yang mengalami pasang surut kesetiaan dalam ber-Pancasila.

Lebih penting lagi marilah kita merenung, apakah kita orang Kristen yang setia juga  teguh dalam iman kita kepadaNya? Sudahkah kita setia dalam panggilanNya dalam hidup kita, dapatkah kita diandalkan dalam pekerjaan yang sudah diberikanNya dan taat kepada perintahNya? Tuhan Yesus selalu setia. Dia menghargai kesetiaan dan oleh karena itu Dia mau agar setiap dari pada kita untuk dapat setia selamanya (Wahyu 2:10)

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami