FB Diminta Lindungi Para Aktivis HAM

Nasional / 13 February 2011

Kalangan Sendiri

FB Diminta Lindungi Para Aktivis HAM

Lois Official Writer
2944

Facebook sudah menjadi media yang sangat penting bagi para aktivis demokrasi dan hak asasi manusia dank arena itu perlu melakukan sesuatu yang lebih untuk melindungi mereka. “Peristiwa baru-baru ini di Mesir dan Tunisia telah memperlihatkan pentingnya kerja teknologi jaringan sosial seperti Facebook bagi para aktivis demokrasi dan hak asasi manusia,” kata senator Amerika, Dick Durbin, dalam sebuah surat kepada pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

“Jutaan orang di seluruh dunia menggunakan Facebook untuk mengungkapkan kebebasan berpendapat mereka. Tetapi saya melihat perusahaan ini tidak memiliki jaringan pengaman untuk melindungi para aktivis hak asasi manusia guna menghindari perlakuan represif pemerintah,” kata Durbin. Pasalnya adalah FB digunakan para aktivis untuk mengorganissasi demonstrasi dan mempublikasikan pelanggaran hak asasi manusia, tapi pemerintah Mesir dan Tunisia menggunakan FB untuk melacak aktivis tersebut untuk ditangkap.

Karena itulah Durbin meminta FB yang penggunanya hampir 600 juta orang untuk bergabung dalam Global Network Initiative (GNI) yang sudah merancang code of product untuk melindungi hak asasi manusia yang anggotanya termasuk Google, Microsoft, dan Yahoo!

Menanggapi surat itu, juru bicara FB Andrew Noyes mengatakan bahwa kepercayaan orang kepada mereka adalah bagian terpenting dari apa yang dikerjakan FB. “Kami membalas kepercayaan ini dan akan bekerja sangat keras pada hari-hari ini untuk melindungi mereka (aktivis dan rakyat Mesir dan Tunisia),” ujar Noyes.

Facebook memang bisa digunakan untuk baik hal jelek maupun hal baik dalam kehidupan manusia, hal ini memang sangat bergantung kepada siapa yang menggunakannya.

Sumber : suarapembaharuan/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami