Tahun 2010 Saja, Ada Ratusan Kekerasan Bermotif Agama

Nasional / 9 February 2011

Kalangan Sendiri

Tahun 2010 Saja, Ada Ratusan Kekerasan Bermotif Agama

Lois Official Writer
2667

Anggota Komisi III bidang hukum Dewan Perwakilan Rakyat RI, Eva Kusuma Sundari mempertanyakan kinerja Polri yang sepertinya tidak berdaya dalam mencegah berbagai aksi kekerasan yang bermotifkan agama. “Saya sangat sesalkan hal itu, karena ketika insiden sudah terlanjur meledak, maka ongkosnya mahal,” kata Eva di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/2).

Politikus PDIP itu mencatat, kekerasan atas nama agama semakin intensif sejak tahun 2005. Ia bahkan mencurigai ada aktor intelektual di balik berbagai insiden yang terjadi itu, termasuk insiden Ahmadiyah maupun penyerangan yang dilakukan di Temanggung. Karena itulah, Komisi III berencana ingin mengaudit kebijakan Polri. “Harus ada audit kebijakan untuk menganalisis dampak dari suatu kebijakan Polri kepada masyakarat,” katanya.

Menurut data yang dirilis oleh laman website Republika bulan lalu, tindak kekerasan mengusung agama yang dilakukan masyarakat terbilang tinggi. Hasil riset dari Setara Institute menyebutkan bahwa dalam tahun 2010 saja, sudah terjadi 286 bentuk pelanggaran kebebasan beragama dan keyakinan. Ada 119 tindakan pidana yang terjadi, tindakan provokasi oleh tokoh public sebanyak 12 tindakan, dan intoleransi ada 52 kejadian.

Berikan waktu Anda untuk berdoa bagi bangsa dan negara Indonesia. Biarlah Tuhan yang menjamah setiap hati yang keras. Tuhan yang mengobati luka hati bagi mereka yang teraniaya. Kiranya keharmonisan tetap terjaga antar umat beragama.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami