Vatikan Izinkan Pengakuan Dosa Secara Virtual

Internasional / 9 February 2011

Kalangan Sendiri

Vatikan Izinkan Pengakuan Dosa Secara Virtual

daniel.tanamal Official Writer
3850

Terinspirasi dari pesan Paus Benediktus XVI dalam World Communications Address 2010, Little iApss pengembang aplikasi di Amerika Serikat telah mengembangkan aplikasi bernama Confession : A Roman Catholic App, aplikasi yang memudahkan umat Katolik untuk melakukan pengakuan dosa secara virtual untuk pertama kalinya dalam sejarah gereja Katolik Roma.

Otoritas tertinggi umat Katolik, Vatikan sendiri telah mengizinkan beroperasinya aplikasi ini. Menepis segala kontroversi yang mungkin muncul, aplikasi ini hanya berfungsi sebagai alat persiapan sebelum umat melakukan pengakuan dosa sesungguhnya. Jadi hal ini takkan menghapus tradisi lama Sakramen pengakuan dosa. Sakramen ini dilakukan oleh umat Katolik setidak-tidaknya satu kali dalam satu tahun menjelang Paskah atau Natal.

Seperti dirilis BBC didalam sebuah konferensi yang dihadiri para Uskup di Inggris Rabu (9/2/2011), juru bicara gereja Katolik memberi pernyataan bahwa teknologi dapat memudahkan umat untuk beribadah. "Gereja percaya bahwa teknologi serta aplikasi kreatif bakal membantu umat untuk melakukan Sakramen pengakuan dosa secara lebih baik," paparnya.

Dalam menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat membuat profil pribadi, melihat panduan melakukan sakramen, memilih list dosa-dosa yang ada di aplikasi tersebut juga menambahkannya sendiri. Data ini diproteksi juga dengan kata sandi (password) sehingga tak akan mudah dilihat orang lain. Uniknya umat Katolik pun bisa memilih tujuh penetensi (denda dosa dalam bentuk doa) yang berbeda setelahnya.

 

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami