Artis Inggris Kembalikan Benda Sejarah Gereja

Internasional / 1 February 2011

Kalangan Sendiri

Artis Inggris Kembalikan Benda Sejarah Gereja

daniel.tanamal Official Writer
3737

Sebuah benda bersejarah milik Gereja Ortodoks Siprus yang hilang dicuri akhirnya dapat ditemukan dan dikembalikan. Adalah penyanyi Inggris Boy George yang menyerahkan satu benda religius, salah satu koleksi pribadinya, kepada pemilik yang asli. Benda itu sendiri sudah dimilikinya selama lebih dari 26 tahun.

Hal ini bermula dari pengusaha antik Belanda Michel van Rijn melihat lukisan tersebut dalam sebuah acara televisi Belanda mengenai mantan penyanyi Culture Club, Boy George. Di rumah penyanyi itu terpampang sebuah lukisan yang menurut pengusaha antik Belanda itu, adalah sebuah 'lukisan-suci'yang hilang

Rijn kemudian segera menghubungi uskup Porfyrios dari Neapolis, wakil gereja Siprus di Uni Eropa. Setelah dilakukan penelitian ternyata lukisan Kristus yang dibuat abad ke-18 itu dicuri dari Gereja Ortodoks Siprus di tahun 1974. Setelah serbuan Turki tahun 1974 ribuan karya seni hilang dari pulau Siprus.

Berdasarkan laporan NME, vokalis Culture Club itu membeli barang tersebut dari seorang pedagang barang seni di London tahun 1985. George tidak tahu asal barang itu. Patung itu sebenarnya milik Gereja Siprus, di pedesaan Siprus bernama New Choria-Kythrea. Gereja itu bisa membuktikan kepemilikan lukisan itu kepada George. Ketika diberitahu bahwa karya seni itu merupakan sebuah lukisan curian, Boy George langsung bersedia mengembalikannya. Ikon atau 'lukisan suci' yang menurut Michel van Rijn berharga €200.000,- itu kemudian diserahkan kepada uskup Porfyrios dari Neapolis.

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami