Kok Bisa Sumatera itu Milik Malaysia?

Nasional / 29 January 2011

Kalangan Sendiri

Kok Bisa Sumatera itu Milik Malaysia?

Lois Official Writer
4737

Ini salah satu postingan yang dapat membuat ricuh suasana antara Indonesia dan Malaysia. Postingan yang berasal dari Mohd Am yang berada di Kuching, Malaysia ini diberi judul yang kontroversial yaitu “Sumatera itu Milik Malaysia” dan dimuat di forum diskusi topix.com di kanal Malaysia Forum yang tentu saja mengundang ribuan komentar.

Postingan ini sudah beredar di dunia maya sejak 12 Desember 2010 lalu dan sampai berita ini ditulis ada 11.149 komentar yang ikut berpartisipasi. Mohd Am menguraikan fakta histories kaitan kerajaan Johor dengan Sumatera. “Nama Johor berasal dari perkataan Arab, jauhar yang berarti batu permata. Sebelum nama Johor dipakai, kawasan dari selatan sungai Muar hingga ke Singapura dikenali sebagai Ujung Tanah diambil sempena lokasinya di penghujung paling selatan daratan Asia.” katanya di postingan itu.

“Sejarah Johor moden berawal abad ke-16 setelah pembukaan sebuah negeri baru oleh Sultan Johor, anak kepala Sultan Mahmud Shah, sultan terakhir kerajaan Melayu Melaka yang melarikan diri dari serangan Portugis. Kerajaan Johor berjaya mengembangkan ekonominya dan menjadi kuasa politik terpenting sesuai dengan lokasinya di laluan perdagangan timur barat. Di zaman kegemilangan Johor, negeri ini pernah menjadi sebuah empayar (kerajaan) besar yang mana kekuasaannya mewarisi sebahagian jajahan takluk Malaka. Empayar Johor termasuklah sampai ke Terengganu di semenanjung, kepulauan Riau-Lingga dan sebahagian pantai timur Sumatera. Bagaimanapun, Johor gagal membebaskan Melaka biarpun telah berperang dengan Portugis selama 130 tahun sepanjang penjajah itu menguasai Selat Melaka.” katanya kemudian.

“Berdasarkan fakta historic ini adalah jelas bahwa Riau-Lingga dan sebagian besar Sumatera itu adalah jajahan Johor yaitu Malaysia sekarang. Jadi Sumatera itu harus balik kepada asalnya yaitu termasuk dalam provinsi Johor Malaysia etapi perjanjian Inggris-Belanda telah memecahkan kawasan jajahan Johor yaitu Riau-Lingga dan sebagian besar Sumatera.”

Lalu dia menyimpulkan, “Jadi Sumatera itu harus balik kepada asalnya yaitu termasuk dalam provinsi Johor, Malaysia.” Dan tentunya hal ini mengundang pro dan kontra. Sepertinya, tidak ada habis-habisnya pertengkaran antar kedua negara Indonesia Malaysia ini. Hal ini hal yang sia-sia buat dimasukkan ke hati karena bagaimana pun juga, Sumatera adalah salah satu pulau yang secara resmi menjadi milik Indonesia.

Sumber : tribunnews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami