Menetapkan Sasaran

Kata Alkitab / 29 January 2011

Kalangan Sendiri

Menetapkan Sasaran

Puji Astuti Official Writer
4587
<!-- p { margin-bottom: 0.08in; } -->

Amsal 11:27 (TEV) If your goals are good, you will be respected. But if you are looking for trouble, that is what you will get.

Jadi kalau Saudara ingin dihormati dalam kehidupan Saudara, dalam pernikahan, dalam pekerjaan, dalam masyarakat, sasaran Saudara harus baik. Karena “Orang cerdik bertindak dengan pengetahuan, tetapi orang bebal membeberkan kebodohan. TLB “A wise man or woman thinks ahead, a fools doesn’t and even brag about it!” (Amsal 13:16)

Jadi menetapkan sasaran adalah suatu konsep yang Alkitabiah tapi bagaimana cara kita membuat rencana yang bijak? Lewat S-M-A-R-T-E-R

 Misalkan dalam area kesehatan, cara menerapkan konsep S-M-A-R-T-E-R

 S - SPECIFIC

 Definisikan secara jelas tentang sasaran anda. Menaikkan berat badan

 M- MEASURABLE/bisa diukur

 Sasaran tersebut harus bisa diukur. Jadi tetapkan berat badan anda ingin menjadi berapa banyak.

 A - ACTION PLAN/rencana aksi

 Bagaimana cara anda mencapai sasaran tersebut. Makan dalam porsi lebih banyak (biasanya 3 kali/hari --> menjadi 6 kali/hari)

 R - REALISTIC

 Apakah sasaran tersebut realistik untuk dicapai. Fantasi berkaitan dengan hal-hal yang tidak bisa Saudara kendalikan. Tetapi sasaran berkaitan dengan hal-hal yang bisa Saudara kendalikan.

 T- TIME CONSCIOUS/kerangka waktu

 Tetapkan kerangka waktu untuk mencapai sasaran tersebut. Dalam 1 tahun, 6 bulan, dst.

 E- EXPECTATION MANAGEMENT/fleksibel

 Jika sasaran anda tidak tercapai dalam kerangka waktu itu maka sasaran anda perlu diubah. Sehingga pengharapan itu disesuaikan kembali.

 R – REVELATION/rhema

 Amsal 16:1 (BIS) Manusia boleh membuat rencana, tapi Allah yang memberi keputusan.

 Kenapa? Jalan Tuhan lebih tinggi dari jalan kita. Pikiran Tuhan lebih tinggi dari pikiran kita. Mungkin Saudara punya keinginan untuk sesuatu yang lain, tapi keinginan Tuhan pasti lebih besar dari keinginan Saudara dan kalau keinginan Tuhan menjadi kenyataan maka Saudara akan jadi berkat bagi dunia ini.

Sumber : GPdI Lippo Cikarang
Halaman :
1

Ikuti Kami