Krisis Perubahan

Kata Alkitab / 26 January 2011

Kalangan Sendiri

Krisis Perubahan

Puji Astuti Official Writer
5528

Kisah tentang Yakub memakan setengah kitab Kejadian. Artinya orang ini adalah orang penting yang layak kita pelajari. Yakub adalah tipikal orang yang mengejar impian dengan menghalalkan segala cara. Dia memang mendapatkan apa yang dia kejar, tetapi dia menuai akibatnya. Hidupnya sukar. Dia mengalami berbagai macam ketidak beruntungan. Dia mengalami dari satu patah hati ke patah hati yang lain. Dia tidak punya negara. Dia capek jadi pelarian: dia lari dari ayahnya, dia lari dari kakaknya, dia lari dari pamannya. Dia lelah lari seumur hidup. Yakub merasa dia perlu perubahan. Dan Tuhan memimpin dia dalam empat langkah proses perubahan.

1. KRISIS

Kejadian 32:22-23

Pada malam itu Yakub….

Malam di sini bukan hanya menggambarkan keadaan yang gelap, tetapi juga krisis yang sementara dihadapi Yakub.. Yakub sampai pada akhir dari dirinya. Dia mendengar kakaknya sementara mendatangi dia dengan 400 orang pasukan. Mungkin itu malam terakhirnya. 

Biasanya sebelum kita mengalami perubahan Tuhan ijinkan kita melewati krisis. Kita harus tetap positif menghadapi hal tsb, itu sebabnya Rasul Yakobus menyarankan kita untuk menganggap sebagai suatu kebahagiaan apabila kita jatuh dalam berbagai pencobaan (Yakobus 1:2). Kita harus menyadari bahwa semua pertumbuhan terjadi lewat krisis. Justru pada saat krisis kita bisa melihat kelemahan kita dengan lebih jelas.

2. KOMITMEN

Kejadian 32:25-26

…Sahut Yakub: "Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku.

Yakub tidak mau melepaskan orang ini pergi, seolah-oleh dia berkata, “Tuhan, aku gak mau begini-begini saja. Berkati aku!” Kalau Saudara ingin melihat perubahan dalam diri Saudara, maka perlu determinasi. Perubahan belum bisa disebut perubahan sebelum hal itu benar-benar terjadi!

3. PENGAKUAN

Kejadian 32:27

Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub.

Dengan menyebut namanya, maka Yakub  mengakui kelemahannya. Tuhan, aku ini Yakub…aku ini perebut…aku ini orang licik…penipu…manipulator. Alkitab mengatakan bahwa kalau kita mengakui dosa kita, maka Tuhan mengampuni dosa kita (1 Yoh. 1:9).

4. PERUBAHAN 

Kejadian 32:28

Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel…."

Yakub orang yang licik --> Israel = seorang pangeran bersama Tuhan

Karena Yakub merendahkan hatinya dengan mengakui kelemahannya, maka Tuhan memberikan tiga hal bagi dia : 

a. IDENTITAS BARU di dalam Tuhan (Kej. 32:28)

Yakub mendapatkan identitas baru di dalam Tuhan. Dia tidak lagi menjadi manipulator tapi menjadi pangeran dari Raja segala raja.

b. PERJUMPAAN BARU dengan Tuhan (Kej. 32:29-30)

Yakub bukan hanya mendapat hak kesulungan, doa berkat & mimpi yang luar biasa. Dia bahkan berjumpa dengan Tuhan sendiri!

c. PERJALANAN BARU bersama Tuhan (Kej.32:25)

Untuk menghentikan pergumulan dikatakan bahwa sendi pangkal paha Yakub dibuat terpelecok. Sejak saat itu cara berjalan Yakub tidak sama lagi. Secara fisik Yakub menjadi lemah, tetapi justru itu yang dicatat Alkitab sebagai prestasi imannya!

Ibrani 11:21 Karena iman maka Yakub…menyembah sambil bersandar pada kepala tongkatnya.

Prestasi iman Yakub bukan karena kekayaannya. Bukan karena ribuan ternak yang dia miliki. Tapi pencapaian imannya ditulis karena dia bersandar pada kepala tongkatnya…yang membayangkan dia bersandar pada Tuhan sendiri. 

Biarlah di tahun 2011 ini kita tidak berusaha menggapai impian kita dengan kekuatan dan kegagahan kita sendiri dan dengan menghalalkan segala cara, tetapi mari bersandar kepada Tuhan dalam segala hal. Amen!

Sumber : GPdI Lippo Cikarang
Halaman :
1

Ikuti Kami