The World Akan Tenggelam

Nasional / 21 January 2011

Kalangan Sendiri

The World Akan Tenggelam

Lois Official Writer
4817

‘The World’ adalah proyek yang ambisius. Proyek ini adalah pulau buatan di Dubai yang menyerupai peta negara-negara di dunia dan terdiri dari kumpulan 300 pulau buatan manusia berbentuk peta dunia di lepas pantai Dubai, Uni Emirat Arab. Pulau-pulau ini hanya terlihat sama jika dilihat dari pantai Dubai. Namun jika dilihat dari satelit atau dari atas gedung tertinggi yang terletak di Dubai, Burg Khalifa, maka Anda akan melihat bentuknya yang memang mirip peta dunia.

 Tak hanya sekedar mengurug lautan, pulau-pulau ini dibangun lengkap dengan kompleks hotel mewah dan villa yang tak kalah lux yang bisa dijangkau hanya oleh para miliuner berkantong tebal. Angkutan antarpulau di ‘The World’ ini hanya bisa dijangkau dengan yacht, kapal, atau helikopter.

Berdasarkan laporan pengembang, 70 persen dari 300 pulau telah terjual. Beberapa selebritis yang membeli pulau di The World seperti Tommy Lee yang membeli Pulau Yunani untuk mantan istrinya dan ibu dari dua anaknya, Pamela Anderson. Selentingan kabar mengatakan, Brad Pitt dan Angelina Jolie juga telah membeli Ethiopia.

Saat ini, menurut salah satu bukti pengadilan property, The World ini makin terbenam ke lautan. Dilaporkan bahwa pasir-pasir pulau mulai terkikis dan saluran navigasi yang berada di antara pulau-pulau buatan justru dangkal. “Pulau-pulau ini secara bertahap kembali menjadi laut,” kata Richard Wilmot_Smith QC dari Penguin Marine, seperti dimuat The Telegraph. Menurutnya, bukti-bukti menunjukkan adanya erosi dan penurunan.

Lain lagi menurut juru bicara pengembang. Menurut Nakheel, pulau-pulau itu tidak tenggelam. “Berdasarkan survey monitoring berkala selama tiga tahun terakhir, tidak ditemukan erosi substansial,” katanya dalam pernyataan. Pengembang ‘The World’ adalah anak perusahaan Dubai World, yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Emir Dubai merangkap Perdana Menteri Uni Emirat Arab, Sheik Mohammed bin Rashid Al-Maktoum. Sungguh sangat disayangkan jika The World ini hilang karena merupakan tempat wisata yang luar biasa.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami