Cara Menyiasati Gaji Agar Tidak Menguap

Investment / 21 January 2011

Kalangan Sendiri

Cara Menyiasati Gaji Agar Tidak Menguap

Puji Astuti Official Writer
6530

Hampir sebagian besar orang jika di survey akan mengakui bahwa mereka hidup dari gaji ke gaji. Kalaupun mereka memiliki tabungan, itupun tidak seberapa padahal mereka biasanya telah tahunan, bahkan belasan tahun. Jika apa yang diungkapkan di atas adalah Anda, maka sudah saatnya untuk membuat perubahan. Pendapatan bulanan atau gaji harus diatur sedemikian rupa sehingga bisa mencukupi kebutuhan Anda dan keluarga, selain itu juga dapat menabung atau investasi sehingga bisa memiliki persediaan dana kala sesuatu yang tidak diharapkan terjadi.

Berikut ini adalah langkah-langkah dimana Anda bisa menyiasati agar gaji Anda bukan hanya cukup untuk kebutuhan selama satu bulan, namun juga bisa menyisihkan untuk keperluan di masa depan:

Memberikan milik Tuhan

Apapun Anda menyebutnya, setiap kali Anda menerima pendapatan ada bagian yang menjadi milik Tuhan. Hal ini biasa kita sebut perpuluhan, sebuah bentuk ketaatan akan titah Tuhan dan juga bentuk iman bahwa Allah sanggup mencukupi kebutuhan Anda.

Menyimpan cadangan di lumbung

Biasanya anggaran untuk menabung besarannya antara 10-50 % dari pendapatan Anda. Hal ini tentu tergantung keadaan Anda, untuk Anda yang belum berkeluarga, sangat disarankan untuk menabung 30-50 % pendapatannya. Hal ini disarankan karena kebutuhan mereka yang masih lajang lebih rendah dari pada mereka yang sudah berkeluarga.

Hutang

Setiap penasihat keuangan pasti akan memberikan masukan agar Anda bebas dari hutang. Namun jika pun Anda menggunakan kartu kredit atau berhutang dalam bentuk lain, besaran idealnya adalah 30% dari penghasilan Anda.

Membuat anggaran untuk kebutuhan Anda

Hidup tanpa memiliki anggaran keuangan itu artinya Anda hidup tanpa rencana, akhirnya Anda akan dikendalikan oleh kebutuhan dan keinginan. Hasil akhirnya adalah Anda akan mengalami kekurangan. Jadi jangan pernah anggap remeh membuat anggaran keuangan.

Satu hal yang perlu kita garis bawahi dari empat hal di atas adalah perencanaan, tanpa perencanaan yang baik maka Anda tidak akan berhasil. Jalankan rencana keuangan Anda dengan disiplin, percayalah bahwa Tuhan tidak akan membiarkan Anda kekuarangan. Selamat mencoba. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami