Bendera Palestina Berkibar Di Amerika Serikat

Internasional / 20 January 2011

Kalangan Sendiri

Bendera Palestina Berkibar Di Amerika Serikat

daniel.tanamal Official Writer
2661

Sebuah langkah bersejarah dilakukan pemerintah Amerika Serikat dengan mengizinkan bendera nasional Palestina berkibar untuk pertama kalinya, bukan di tanah Arab ataupun ditempat lain tetapi di tanah negara superpower tersebut tanpa protes ataupun kecaman.

Bendera berwarna merah, hijau, putih, dan hitam yang dikibarkan di luar kantor delegasi Umum PLO Washington itu adalah terlaksana melalui misi diplomatik Organisasi Pembebasan Palestina (PLO). Sebuah upacara singkat dipimpin kepala utusan khusus Palestina untuk Amerika, Maen Areikat.

Areikat mengatakan berharap langkah simbolis ini akan membantu Palestina memenangi dukungan untuk meraih kemerdekaan dengan maupun tanpa perdamaian dengan Israel. Kami bangga melihat bendera itu, yang merupakan simbol perjuangan rakyat Palestina untuk menentukan sendiri nasibnya. Kami berharap ini akan membantu upaya internasional untuk memberikan pengakuan bagi negara Palestina." ujar pria kelahiran Yordania itu.

Kantor PLO sendiri telah mengantongi izin mengibarkan bendera dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat sejak Agustus tahun lalu, tepatnya saat misi diperbarui dari sebuah kantor perwakilan menjadi delegasi umum.

Walau pengibaran bendera ini tidak memberi efek praktis dalam kebijakan Amerika Serikat, Areikat menganggap hal tersebut sebagai langkah penting dan signifikan, terutama dalam mencari dukungan pengakuan dari Amerika dan negara lainnya. Dia mengatakan berharap pemerintahan Presiden Amerika Barack Obama akan tergerak mengakui Palestina sebagai sebuah negara yang merdeka. 

 

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami