Kini, Orang Lumpuh Dapat Berjalan!

Nasional / 19 January 2011

Kalangan Sendiri

Kini, Orang Lumpuh Dapat Berjalan!

Lois Official Writer
3936

Sekarang, bagi orang lumpuh berjalan itu hal yang mungkin dilakukan. Bukan dengan kursi roda tapi dengan kakinya sendiri dibantu ‘kaki buatan’. Rewalk buatan Israel baru saja mendapat izin dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. Alat ini sudah terbukti membantu prajurit AS yang terluka dan menjadi lumpuh saat di medan perang bisa kembali berjalan.

“Saya tak percaya bisa berjalan lagi. Saya sering bermimpi bisa berjalan kembali,” kata Radi Kaiuf. Kaiuf lumpuh sejak 20 tahun lalu karena seorang penembak jitu menembaknya dan dokter menyatakan ia takkan bisa berjalan lagi. Namun, kini dia bisa berjalan dan bahkan menaiki tangga.

Bagaimana cara kerjanya? Perangkat kaki mekanik ini dipasang pada sistem baterai tas punggung yang memungkinkan pasien lumpuh berjalan sepanjang hari. Pengembang alat ini harus memperhitungkan keseimbangan antara orang dan mesin yang dipakai tersebut. Perangkat ini menggunakan alat pengendali jarak jauh sederhana, seperti jam tangan. Jadi, ketika pengguna memilih mode ‘berjalan’ dan bersandar ke depan, maka kaki alat ini mulai berjalan. Dengan bersandar ke belakang, otomatis mesin ini akan berhenti. Butuh waktu hampir satu dekade untuk menyempurnakan teknologi buatan Amit Goffer.

Goffer sendiri sudah lumpuh sejak 14 tahun yang lalu dan jelas bahwa temuannya ini sangat berguna bagi orang lain. FDA menyetujui penggunaan alat ini di kelembagaan dan Bronx Veterans Administration akan segera mencobanya pada tentara AS. Penjualan alat ini cukup mahal yaitu hampir US$ 50 ribu (sekitar Rp 454 juta) per pasien. Namun, ada hal yang dianggap lebih berharga bagi Goffer yaitu pengalaman ketika baru pertama kali dia dapat berjalan. “Anak-anakku datang mengunjungi saya. Mereka berusia tiga tahun ketika itu dan ketika pertama kalinya saya berdiri, mereka berkata pada saya ‘Ayah kamu tinggi!’” kenangnya.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami