Lukisan Hitler Hiasi Gereja di Prancis

Internasional / 17 January 2011

Kalangan Sendiri

Lukisan Hitler Hiasi Gereja di Prancis

daniel.tanamal Official Writer
2851

Ornamen seni rupa yang menghiasi dinding gereja mulai bentuk lukisan cat, pahatan, ataupun lukisan kaca biasanya menggambarkan Tuhan Yesus, malaikat surga, sejarah tokoh-tokoh gereja, ataupun misionaris. Siapa sangka jika sebuah gereja di Prancis ternyata masih memuat lukisan diktator Nazi, Adolf Hitler hingga saat ini.

Seperti dirilis DailyMail (16/1/2010), awal tahun ini para jurnalis meneliti sebuah lukisan Raja Herodotus haus darah yang disimpulkan mempunyai kemiripan dengan Hitler dan mengkonfirmasi kebenaran sosok dalam lukisan tersebut yang segera diamini oleh pihak otoritas Gereja Gereja St. Jacques di Montgeron, selatan Paris memang memuat mahakarya kaca patri berbahaya ini saat puncak pendudukan Nazi.

Raja Herodotus dalam lukisan  kaca berwarna-warni itu, menggambarkan Hitler sedang mengangkat pedang, bersiap memenggal Santo Jacques atau St. James yang berlutut, berdoa, dan bersiap menjemput ajal. Lebih lanjut Santo ini merepresentasikan orang Yahudi. "Figur itu memang Hitler, tapi kumisnya disembunyikan di balik lengannya, untuk menghindari masalah serius," kata pemimpin gereja, Pastur Dominique Guerin.

Jendela itu dibuat oleh pasangan seniman bersaudara yang dijuluki "Maumejean” seniman besar pembuat kaca yang karya-karyanya menghiasi banyak gereja di Prancis. Kaca jendela tersebut saat ini dipandang sebagai simbol perlawanan Prancis selama masa pendudukan pada 1940 hingga 1944. "Selama bertahun-tahun, hanya sedikit orang yang memperhatikan gambar itu, mereka sering memasukkan isu politik dalam konteks historis. Ini adalah pesan harapan dan resistensi saat pendudukan," kata sejarawan lokal, Renaud Arpin.

Karya ini luput dari perhatian dunia selama 70 tahun lamanya. Mungkin jika tahun 1941 saat Hitler masih berkuasa dan ia mengetahuinya, pastilah para Gestapo akan menciduk penciptanya dan hukuman hati menunggu. Karena siapapun tahun, semua kreativitas yang dianggap menyerang dan menghina Sang Fuhrer akan dihancurkan dengan brutal.

Sumber : DailyMail/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami