Hiu Berkeliaran Di Tengah Banjir Australia

Nasional / 16 January 2011

Kalangan Sendiri

Hiu Berkeliaran Di Tengah Banjir Australia

Lestari99 Official Writer
5349

Penduduk Goodna yang jalan-jalan rumah mereka masih diluapi air banjir dilanda ketakutan setelah dikabarkan adanya penampakan hiu banteng di daerah tersebut. Anggota dewan dari pinggiran kota Ipswich yang terletak di sebelah barat Brisbane, Paul Tully, mengatakan pria lokal setempat Steve Bateman melihat seekor ikan hiu berenang di sekitar pertokoan pagi itu.

Ada penampakan hiu lainnya yang belum dikonfirmasi kemarin tetapi kepolisian Queensland tidak dapat memverifikasi klaim ini.

Tully berkata Bateman percaya ia meyakini hiu yang dilihatnya adalah hiu banteng. Bateman sendiri tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar.

“Bateman bukanlah jenis orang yang suka berbohong,” ujar Tully. “Ia mengatakan melihat ikan hiu berenang di sekitar pusat perbelanjaan di sini dan saya percaya padanya. Ada ikan hiu berenang di jalan utama Goodna, mungkin memang sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.”

Seorang juru bicara polisi Queensland mengatakan penduduk disarankan untuk tetap menjauh dari area banjir.

Kemungkinan hiu banteng bisa berada di perairan dalam maupun banjir bandang berlumpur tidaklah mungkin, ujar Trevor Long, direktur dari pelayanan laut di Seaworld.

Pada awal musim panas, induk hiu bateng akan berenang ke backwaster dari Sungai Brisbane untuk melahirkan bayi-bayi hiu, yang ukurannya berkisar antara 0,6 – 1,5 meter. Namun tidak seperti hiu banteng dewasa, bayi-bayi hiu tidak sensitif terhadap air bersih dan dapat bertahan hidup di perairan air tawar yang memiliki banyak mangsa untuk dijadikan makanan.

“Kemungkinan yang terlihat oleh penduduk adalah bayi-bayi hiu banteng meskipun mereka pada akhirnya tetap harus segera menuju ke laut untuk mencari tempat tinggal dan juga makanan,” ujar Long.

“Bayi hiu banteng adalah binatang yang sensitif sehingga mereka cenderung melarikan diri saat mendengar suara keras atau suara percikan air yang keras. Saya tidak akan terlalu kuatir namun harus tetap diingat bahwa hiu berenang di permukaan air untuk mencari makan di malam hari sehingga saya akan sangat berhati-hati terhadap air banjir.”

Pada bulan Oktober tahun lalu, seeokor hiu besar yang diyakini sebagai hiu banteng terlihat mengitari kano di sungai pinggiran kota Brisbane di Taman Norman yang terus terendam banjir.

Sumber : anythingaustralian
Halaman :
1

Ikuti Kami