Mendiang Paus Yohanes Paulus II Segera Ditetapkan Sebagai Santo

Internasional / 16 January 2011

Kalangan Sendiri

Mendiang Paus Yohanes Paulus II Segera Ditetapkan Sebagai Santo

daniel.tanamal Official Writer
4007

Vatikan menyerukan Mendiang Paus Yohanes Paulus II akan segera dibeatifikasi pada 1 Mei 2011, menyusul Paus Benediktus XVI menandatangani sebuah dekrit persetujuan agar pendahulunya itu dibeatifikasi. Hal ini dilakukan sebagai sebuah langkah kunci untuk ditetapkan sebagai santo (orang suci). Demikian diumumkan pada Jumat (14/1).

Seperti dirilis AFP, proses beatifikasi terhadap seorang suci bisanya panjang. Tetapi bagi Yohanes Paulus II kanonisasi terhadapnya dilakukan tidak lama setelah dia meninggal pada 2005 silam.Beatifikasi itu dilakukan menyusul pengumuman pada minggu ini setelah sebuah Kongregasi di Vatikan menerima mujizat Paus asal Polandia itu.

Menurut Vatikan, beatifikasi diberikan oleh Paus Benediktus XVI kepada pendahulunya itu karena Yohanes Paulus II yang memiliki nama asli Karel Jozef Wojtyla itu dikenang mempunyai segudang reputasi kekudusan dalam seluruh kehidupannya, saat kematian, dan setelah kematiannya.

Salah satu syarat beatifikasi tersebut juga adalah Mujizat dari Yohanes Paulus II yang pernah menyembuhkan seorang ibu. Mujizat itu diperlukan untuk sebuah beatifikasi dan untuk ditetapkan sebagai santo (orang kudus) dibutuhkan dua mujizat.

Komisi membenarkan bahwa seorang janda Prancis bernama Marie Simon Pierres mengalami mujizat mengalami kesembuhan dari penyakit Parkinsonnya setelah berdoa melalui Yohanes Paulus II yang juga dalam hidupnya menderita Parkinson.

 

Sumber : AFP/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami