Saatnya Berubah!

Single / 14 January 2011

Kalangan Sendiri

Saatnya Berubah!

Lestari99 Official Writer
4636

Kesampingkan kesombongan Anda dan perbaiki kelakuan Anda jika orang yang Anda kasihi menginginkan hal itu. Tidak berarti mereka membenci Anda, tetapi sebenarnya mereka cukup peduli untuk membantu Anda menjadi lebih baik.

Cara terbaik untuk mengubah perilaku Anda adalah demi diri sendiri daripada untuk orang lain. Hal ini sepertinya masuk akal. Secara teori, perubahan yang diprakarsai oleh diri sendiri dapat bertahan lebih lama dan memiliki dampak yang lebih besar.

Sayangnya, hal ini barulah langkah awal yang biasanya sangat sulit untuk dilakukan, dan perubahan tidak akan terjadi sampai Anda membuat keputusan dan mengambil tindakan awal untuk memulainya.

Seringkali keputusan ini diawali saat Anda terinspirasi oleh orang lain – apakah itu pasangan yang sangat mencintai Anda maupun mereka yang selalu mengkritik Anda – namun pada akhirnya akan membawa perbedaan saat Anda menghadapi dunia kerja dimana Anda selalu bertanya-tanya apa yang salah karena Anda tak punya waktu sama sekali untuk beristirahat.

Tendangan Yang Menyadarkan

Jika bos Anda akan memecat Anda karena Anda selalu datang terlambat atau pasangan Anda berniat meninggalkan Anda karena Anda tidak dapat mengendalikan emosi, hal ini bagaikan sebuah tendangan keras yang Anda butuhkan untuk berubah. Berubah karena seseorang yang ada dalam kehidupan Anda akan membuat Anda merasa sangat terbatas dan perasaan Anda akan menjadi sangat buruk pada awalnya, namun jutaan orang pada akhirnya menjadi lebih berbahagia karena mereka mendengar dan melakukan saran dari orang lain yang cukup peduli dengan memberikan peringatan dan menunjukkan cara yang sehat dalam bersikap.

Jika perilaku Anda membuat hidup Anda berantakan, dan Anda tidak ingin kehilangan sesuatu yang paling bernilai bagi Anda, merubah diri Anda adalah sesuatu yang sangat masuk akal. Pada awalnya Anda mungkin akan membenci keluarga Anda karena mengintervensi Anda saat Anda berpikir untuk pergi ke kafe, namun setelah beberapa bulan Anda akan merasa bersyukur atas dukungan dan kesempatan yang mereka berikan agar Anda berubah. Mungkin akan ada banyak orang yang akan mengatakan kepada Anda perilaku mana yang sebaiknya Anda ubah.

Kebanggaan Membutakan

Pada intinya, Anda juga mungkin ingin menyingkirkan perilaku yang dapat menyinggung orang lain. Dan sangat alami untuk bersikap defensif ketika seseorang menunjukkan kelemahan Anda. Merasa kesal karena orang lain menunjukkan kekurangan Anda sebenarnya merupakan sebuah tanda. Artinya Anda perlu melihat secara serius pada apa yang orang sedang berusaha tunjukkan kepada Anda.

Mengesampingkan kebanggaan Anda akan membantu Anda untuk melihat apa yang terbaik bagi semua pihak. Jika Anda bisa mendapatkan beberapa perspektif terhadap diri Anda sendiri, Anda mungkin menemukan bahwa Anda lebih siap untuk berubah daripada yang Anda pikirkan. Berjuang untuk menjadi seseorang yang lebih baik bukanlah sebuah kesalahan. Ya, akan sulit pada awalnya namun Anda akan membangun kekuatan yang Anda butuhkan untuk membuat perubahan permanen dalam hidup Anda dan juga kehidupan mereka yang Anda kasihi, belum lagi orang lain dalam kehidupan Anda yang Anda pengaruhi setiap hari.

Perubahan Hidup

Ingatlah, tidak terlalu penting darimana inspirasi untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik itu datang. Hasilnya jauh lebih penting. Anda mungkin dapat mengubah dinamika hubungan Anda bahkan seluruh aspek kehidupan Anda.

Jadi ambil keberanian Anda, bayangkan gambaran besar dari perubahan hidup Anda dan lakukan apa saja yang Anda bisa untuk mendengarkan dengan hati Anda bukan kepala Anda. Kebenarannya adalah, kebanyakan orang tidak begitu beruntung untuk memiliki seseorang yang cukup peduli tentang mereka dan membantu mereka untuk bertumbuh.

Sumber : completewellbeing.com
Halaman :
1

Ikuti Kami