Mengawali Tahun Dengan Resolusi Baru

Parenting / 12 January 2011

Kalangan Sendiri

Mengawali Tahun Dengan Resolusi Baru

Lestari99 Official Writer
3182

Saat 2011 mulai kita tapaki dan musim liburan telah berlalu, pikiran kita akan beralih akan resolusi tahun baru yang biasanya akan menjadi panduan fokus kita sepanjang tahun. Secara tradisi, tema dan tujuan resolusi ini lebih terfokus pada individu. Banyak orang yang memutuskan untuk bekerja lebih sungguh-sungguh, menurunkan berat badan, mengatur waktu dengan lebih baik dan banyak lagi hal lainnya yang perlu ‘diperketat’ dalam kehidupan mereka.

Tahun ini, cobalah untuk mengambil langkah yang keluar dari semua paradigma itu. Mari kita tidak hanya membuat resolusi untuk diri sendiri namun melibatkan seluruh anggota keluarga yang akan membangun ikatan keluarga yang lebih sehat serta lebih kuat. Libatkan anak-anak untuk bekerjasama sebagai sebuah tim. Manfaat besar dari hal ini adalah ketika sebagai sebuah keluarga kita memiliki sebuah tujuan yang sama, kita dapat mendukung satu sama lain. Hal ini dapat membantu Anda untuk tetap berfokus pada tujuan yang ditetapkan bersama-sama.

Resolusi tahun baru sebagai sebuah keluarga juga akan memungkinkan Anda membuat keputusan sebagai sebuah keluarga, dan saat setiap anggota keluarga memberikan kontribusi Anda bisa saja menemukan ide-ide lain yang dapat dipertimbangkan. Selain membuat resolusi, rencanakan tindakan yang menguatkan satu sama lain dan mempererat ikatan Anda sebagai satu keluarga.

Di keluarga saya, kami sudah membuat resolusi untuk tahun 2011 ini. Memang semuanya masih berupa bahan mentah, namun beberapa hal berikut adalah hal-hal yang mungkin dapat menginspirasi Anda.

Lebih Sering Berolahraga

Kami sudah melakukan olahraga bersama – walaupun tidak sering. Saya sering berjalan kaki dan menjadi ‘awas’ dengan keadaan lingkungan rumah di mana kami tinggal. Dengan hanya melakukan hal seperti itu, stamina tubuh saya menjadi lebih baik. Dengan hanya bernafas secara cepat, saya bisa menurunkan berat badan! Namun saya dan anak-anak telah memutuskan kami akan memulai kegiatan olahraga sebagai sebuah keluarga.

Kami menjadi anggota sebuah gym hampir selama setahun terakhir. Selama beberapa waktu kami keluar rumah pukul 5 pagi setiap hari untuk berolahraga. Lalu kemudian saya mematahkan pergelangan kaki saya (saya suka trotoar yang dingin) dan harus keluar dari keanggotaan selama beberapa bulan. Pergelangan kaki saya sudah sembuh saat ini dan kami kembali beraksi untuk berolahraga bersama-sama di gym dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal!

Makan Lebih Sehat

Kami mengkonsumsi makanan sehat sekarang, makanan bersih dengan banyak sayuran segar, daging tanpa lemak, makan ikan dua kali dalam seminggu dan biji-bijian. Namun saya bersama dengan putri saya telah memutuskan kami akan mulai merencanakan kapan saja kami akan makan di luar selama bulan ini. Kami pikir dengan melakukan hal ini kami bisa terus mengkonsumsi makanan sehat dengan sedikit kemungkinan untuk melanggar resolusi ini. Selain itu dengan melakukan hal ini tentu saja dapat memudahkan kami untuk menetapkan anggaran belanja dengan lebih efisien. Kami juga secara teratur pergi berbelanja ke pasar tradisional. Selain lebih murah dan mendapatkan bahan makanan yang lebih segar, kita akan mendukung para petani lokal kita.

Lebih Banyak Membaca

Kami semua adalah pembaca yang setia, namun akhir-akhir ini tampaknya hidup telah mengalihkan kebiasaan ini dengan berbagai cara sehingga kamipun tidak lagi membaca buku sesering dulu. Jadi, setiap kami mengidentifikasi aliran yang menarik minat kami dan mencari para penulis yang bergerak dalam aliran tersebut, kami kemudian akan mengunjungi toko buku dan juga toko-toko yang memberikan diskon dan menemukan buku yang kami mau.

Menulis Lebih Sering

Resolusi ini merupakan hal yang besar di rumah kami! Kami semua adalah penulis. Putri saya suka menulis kisah-kisah yang menakjubkan dan essai, sedangkan putra saya suka menulis puisi yang indah dan lagu-lagu. Kami semua akhirnya memutuskan agar kami tidak hanya sekedar menulis apa yang menjadi KEHARUSAN bagi kami (pelajaran sekolah, pekerjaan, dll), kami juga akan menulis apa yang INGIN kami tulis. Kami semua setuju sangatlah penting meluangkan waktu untuk menulis karena hal itu membuat kami dapat mempertahankan sukacita untuk menulis dan tidak menganggapnya sebagai suatu beban.

Kami telah membahas untuk menulis cepat setiap minggu dan mungkin menyelesaikan satu cerita, satu puisi dan satu artikel. Saya tidak yakin apakah kami dapat memenuhi standar ini, namun setiap kami sangat antusias melakukan hal ini. Sepertinya menyenangkan dan akan menjadi sebuah cara yang hebat untuk meningkatkan kemampuan dan meregangkan otot-otot kreativitas kami.

Menjadi Relawan Sebagai Satu Keluarga

Ini adalah suatu hal yang baru dalam daftar resolusi kami. Anak-anak beberapa waktu terakhir ini secara sukarela telah memberikan dirinya untuk melayani sebuah penampungan bersama-sama dengan kelompok anak muda dari gereja kami dan mereka sangat menikmatinya. Kami telah berbicara banyak untuk menolong orang lain. Anak-anak dan saya sendiri memang senang membantu mereka yang kurang beruntung. Jadi kami pun membicarakan apa yang kira-kira dapat kami lakukan. Kami akan mengeksplorasi hal ini sampai kami dapat menemukan langkah-langkah praktis untuk melakukannya.

Meluangkan Lebih Banyak Waktu Untuk Bersama

Kami melakukan banyak hal sebagai sebuah keluarga, namun kami tetap membuat resolusi untuk menyisihkan waktu setiap hari dan menghabiskannya bersama-sama meskipun hanya untuk berkumpul dan ngobrol bersama. Kami juga membicarakan untuk mengadakan kegiatan keluarga minimal dua bulan sekali. Ini bisa saja makan di luar bersama dan nongkrong di mall atau pergi ke festival, atau mungkin menonton film, pergi ke museum, dan banyak hal lainnya.

Belajar Alkitab Dan Berdoa Bersama Sebagai Keluarga

Inilah tantangan terbesar yang harus kami lakukan. Kam ingin memiliki sebuah studi pemahaman Alkitab secara teratur di rumah kami. Kami masih membicarkaan apakah akan melakukannya sekali atau dua kali dalam seminggu atau bahkan setiap malam. Setiap kami mempelajari Alkitab dan setiap kami memiliki pokok doa masing-masing namun kami juga ingin melakukan hal itu bersama-sama sebagai sebuah keluarga. Saya mengambil buku renungan yang dapat membantu kami untuk merenungkan Firman Tuhan dalam setahun. Sepertinya sangat baik untuk melakukan hal ini dan kami tidak sabar untuk mulai melakukannya. Kami juga ingin untuk memulai doa bersama, namun mungkin akan dilakukan di pagi hari. Anak-anak secara pribadi telah meminta hal ini kepada saya untuk memulai doa keluarga jadi kami pun akan mulai melakukan hal itu.

Melakukan semua hal ini pasti akan menjadi suatu hal yang menyenagkan dan menciptakan terobosan baru di dalam keluarga!

Sumber : more4kids.info
Halaman :
1

Ikuti Kami