Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Pasca Liburan

Fit & Charming / 12 January 2011

Kalangan Sendiri

Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Pasca Liburan

Lestari99 Official Writer
5449

Setelah melalui liburan yang penuh dengan makanan enak dan pesta, saatnya bagi Anda untuk kembali memikirkan berat badan yang tak terasa naik beberapa kilo akibat tak dapat menahan diri melihat makanan lezat di depan mata. Saatnya Anda kembali menghilangkan lemak berlebih di tubuh Anda. Tips mudah menghilangkan berat badan ini akan membantu Anda untuk melakukannya dengan cara yang sehat.

Tips 1: Cari Tahu Berapa Banyak Kalori Yang Anda Butuhkan

Anda dapat melakukannya dengan menghitung BMR (Basal Metabolic Rate) dalam ukuran kilo kalori (kkal)

BMR = (Berat Badan [pounds] x 15) + (aktifitas harian [menit/hari] x 3,5)

Karena Anda ingin menurunkan berat badan, maka:

Target Anda = BMR – 500 kkal

Misalnya saja berat badan Anda 140 pounds dan Anda beraktifitas rata-rata selama 20 menit per hari. BMR untuk contoh kasus seperti ini adalah = (140 x 15) + (20 x 3,5) = 2100 + 70 = 2170 kkal. Hasil BMR ini kemudian dikurangi 500 kkal; dan itu berarti 2170 – 500 = 1670 kkal. Oleh karena itu 1670 kkal merupakan target kalori yang harus Anda konsumsi setiap hari untuk kehilangan 1 pounds/minggu.

Tips 2: Makan Paling Sedikit 5 Porsi Buah Dan Sayuran Per Hari

Buah dan sayuran merupakan paket makanan yang memiliki manfaat serat, vitamin dan antioksidan. Makanan ini dapat mengisi perut Anda dengan cepat sehingga Anda akan merasa kenyang lebih cepat. Makanan ini juga rendah kalori dan dapat membantu Anda untuk menjaga agar Anda dapat menjaga asupan kalori yang tidak berlebihan.

Tips 3: Perhatikan Porsi Makan Anda

Satu porsi pasta berarti ½ cangkir pasta yang dimasak. Namun, sebagian besar restoran biasanya menyajikan 4 porsi pasta dalam sekali hidangan! Anda tidak perlu menyelesaikan makan dan membersihkan setiap piring setiap kali Anda makan di restoran. Anda dapat meminta untuk membungkus dan membawa pulang sisa dari makanan tersebut.

Tips 4: Jangan Lewatkan Waktu Makan

Makan dalam porsi kecil seringkali dapat membantu Anda untuk menyeimbangkan asupan kalori Anda sepanjang hari dan juga menjaga agar kadar gula tetap seimbang. Daripada makan 3 kali sehari dengan porsi besar, cobalah untuk makan 5-6 kali sehari dengan porsi kecil.

Tips 5: Mengkonsumsi Makanan Segar Dan Sehat

Jika memungkinkan, belilah makanan segar dan hindari makanan olahan dan cepat saji. Makanan olahan dan cepat saji seringkali mengandung sodium dan kadar lemak yang lebih tinggi. Banyak orang yang berkata mereka terheran-heran bagaimana mudahnya berat badan mereka turun hanya dengan membawa bekal makan siang ke kantor daripada makan di luar.

Tips 6: Jangan Terlalu Ketat

Setiap orang memiliki makanan favorit. Sekali-kali penuhi keinginan Anda tapi berhati-hatilah dengan frekuensi dan kuantitasnya. Anggap saja sebagai penghargaan atas keberhasilan Anda menurunkan berat badan. Menghilangkan terlalu banyak makanan kesukaan Anda hanya akan membuat Anda lebih mudah untuk melakukan pelanggaran.

Tips 7: Memahami Fakta Nutrisi Dan Label Makanan

Sebuah produk yang diberi label dengan mengklaim bebas lemak tidak berarti makanan tersebut rendah kalori. Demikian pula produk label yang mengklaim rendah lemak atau rendah karbohidrat tidak berarti rendah lemak atau kalori. Selalu baca label nutrisi pada kemasan makanan.

Tips 8: Perhatikan Minuman Manis

Jus, soda, krim dan gula semuanya dapat ditambahkan ke dalam kopi maupun teh Anda. Pilihlah untuk minum minimal 8 gelas air sehari. Selain memberikan hidrasi bagi tubuh Anda, air juga akan membantu Anda untuk merasa kenyang.

Tips 9: Buatlah Jurnal Makanan

Membuat jurnal makanan dapat membantu Anda menemukan pola makan dan memungkinkan Anda untuk memodifikasinya dengan mudah. Jika memungkinkan, daftarkan review jurnal makanan Anda pada ahli gizi.

Tips 10: Berolahraga Secara Teratur

Kebanyakan ahli kesehatan merekomendasikan 30 – 60 menit untuk melakukan aktifitas fisik dalam sehari agar tetap sehat. Tambahkan juga latihan mengangkat beban minimal 2 kali dalam seminggu. Hal ini akan membantu membakar beberapa kalori yang tidak diinginkan.

Sumber : healthcastle.com
Halaman :
1

Ikuti Kami