Anak Kidal, Bukan Masalah

Parenting / 10 January 2011

Kalangan Sendiri

Anak Kidal, Bukan Masalah

Stella Maris Official Writer
3454

Masih banyak masyarakat yang tidak begitu paham mengenai kidal, atau kecenderungan orang lebih banyak menggunakan tangan kiri dalam melakukan aktivitas tertentu. Sedangkan menggunakan tangan kiri cenderung dianggap tidak sopan. Maka dari itu, banyak orangtua yang khawatir apabila anak balita mereka dominan menggunakan tangan kiri.

Ada beberapa kemungkinan penyebab kidal. Faktor genetik, apabila salah satu dari orangtuanya kidal, kemungkinan anaknya juga akan kidal. Apabila kekuatan otak kanannya lebih dominan juga bisa menyebabkan kidal.

Anak yang yang cenderung kidal, tidak perlu dipaksa untuk berubah. Menyarankan untuk menggunakan tangan kanan boleh dilakukan jika sang anak merasa nyaman. Melatih penggunaan tangan kanan juga dapat menyeimbangkan fungsi otak kanna dan kiri.

Jika sang anak positif kidal, orangtua dapat mengajarkan untuk menggunakan tangan kanan dalam hal budaya, misalnya bersalaman dengan tangan kanan. Bagi orangtua, jangan memarahi atau merendahkan anak bila menggunakan tangan kiri karena dapat membuat sang anak menjadi rendah diri dan minder.





Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami