Emas Di Dasar Laut Indonesia

Nasional / 9 January 2011

Kalangan Sendiri

Emas Di Dasar Laut Indonesia

Stella Maris Official Writer
3248

Indonesia memang sungguh kaya, dan itu sudah diakui oleh seluruh negara. Baik di darat maupun di laut. Anda tahu? Kabarnya banyak emas yang belum terjamah di dasar laut Indonesia.

"Perairan Sulawesi, Kalimantan, dan Jawa ada emasnya. Masih banyak yang belum terdeteksi lagi," kata Fadel Muhammad, Menteri Kelautan dan Perikanan.

Fadel mengatakan bahwa potensi ekonomi laut seperti itu baru bisa terungkap setelah diadakan penelitian. Oleh sebab itu pihaknya membuka peluang kerja sama yang lebih luas kepada negara maju seperti AS untuk melakukan ekspedisi bersama dalam mengungkap kekayaan laut Indonesia.

"Apa artinya kekayaan laut yang melimpah kalau tidak di-explore. Selama ini misalnya kita belum sanggup melakukan penelitian hingga dasar laut sedalam 6.000 meter. Sekarang ada. Potensi bawah laut di semua daerah akan bisa kita ketahui," kata Fadel.

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan kebijakan tentang eksplorasi bawah laut dan pihak Fadel juga mengalokasikan dana kurang lebih Rp 100 miliar untuk penelitian yang dijanjikan tidak akan merusak lingkungan tersebut.

Kerja sama Indonesia dan AS dalam mengeksplor bawah laut sudah dimulai ekspedisi di perairan Sangihe Talaud yang telah dilakukan pada Juni-Agustus 2010 lalu. AS mendatangkan kapal Okeanos milik NOAA yang dilengkapi robot bawah air untuk mengamati hingga kedalaman 6.000 meter. Pada tahun ini ekspedisi direncanakan ke perairan Halmahera.

Kekayaan Indonesia sangat beraneka ragam, dari rempah-rempah, sumber daya alamnya, dan sebagainya. Sebagai warga engara Indonesia, sudah sepatutnya kita mensyukuri dan berupaya bahu membahu menjaga kelestarian alam Indonesia.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami