Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

PrincessPina Cahyonoputri

Official Writer
3239


Naiknya harga cabai tentu membuat para penggemar makanan pedas jadi makin kepanasan. Bagi orang-orang ini, makanan tanpa rasa pedas tentu seperti makanan tanpa garam yang sama sekali tidak bisa dinikmati. Untuk menyiasati keadaan ini, Anda bisa mulai membuat olahan cabai sendiri.

Cabai Kering:
Biasanya jenis cabai merah besar dan keriting dikeringkan. Caranya mudah, cukup gantung cabai segar atau jemur di bawah terik matahari selama beberapa hari. Jangan lupa membaliknya tiap kali agar kering merata. Setelah mengkerut dan kering benar, cabai merah kering bisa disimpan dalam wadah kedap udara. Cabai merah ini memilki rasa pedas yang sama bahkan melebihi cabai kering karena cairannya sudah tak ada. Pastikan saat memakai, bijinya ikut diolah. Pilih cabai merah yang utuh, tidak busuk untuk dikeringkan. Cabai kering ini tahan disimpan berbulan-bulan.

Acar Cabai:
Cabai rawit hijau, dan cabai rawit merah enak dibuat acar. Rasa asam yang mengiringi rasa pedas cabai membuat acar ini enak dimakan sebagai pelengkap. Cuci bersih cabi rawit hijau atau merah, lalu tiriskan. Rebus air secukupnya di dalam panci, beri cuka dan gula secukupnya hingga rasanya pas. Angkat dari api, masukkan cabai rawit dan diamkan hingga cairan perendamnya kering. Jika suka bisa ditambahkan bawang merah atau bawang putih kupas utuh. Agar tahan disimpan lama, siapkan botol-botol kaca yang sudah disteril dan dikeringkan. Masukkan acar cabai dan tutup botol lalu simpan di tempat sejuk dan kering atau di dalam kulkas. Acar ini tahan disimpan hingga 3 bulan.

Sambal Goreng:
Sambal yang digoreng merupakan bentuk olahan cabai yang populer. Haluskan cabai merah keriting atau besar bersama bawang putih dan atau bawang merah, garam dan sedikit terasi. Tumis sambal halus ini dengan minyak cukup banyak hingga mendidih dan minyak menjadi kemerahan. Angkat, dinginkan dan taruh dalam botol atau wadah bertutup yang steril atau bersih. Bisa ditaruh pada suhu ruangan atau kulkas.

Cabai Bubuk:
Jangan sepelekan cabai bubuk, meskipun dalam bentuk halus cabai ini sama pedas dan kuat gigitannya. Untuk membuat cabai bubuk ini, siapkan cabai merah kering (berbiji) yang bagus. Tumbuk halus atau proses dengan grinder hingga menjadi bubuk halus. Taruh dalam wadah bersih kedap udara dan simpan di tempat sejuk dan kering. Cabai ini bisa dipakai untuk membuat sayur atau hidangan berkuah hingga aneka tumisan.

Sumber : detifood.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ignatius Banton Patria 17 February 2020 - 09:15:41

peranan istri

0 Answer

Tommy Suherman 17 February 2020 - 08:40:37

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi .. more..

0 Answer

Maya panjaitan 16 February 2020 - 10:58:39

Saya mau minta doa

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (2)