Tuna Raksasa Berharga Ratusan Ribu USD

Nasional / 6 January 2011

Kalangan Sendiri

Tuna Raksasa Berharga Ratusan Ribu USD

Stella Maris Official Writer
2584

Seekor ikan tuna sirip biru raksasa terjual dengan harga 396.000 dolar AS pada pelelangan pertama 2011 di pasar ikan terbesar dunia di Tokyo, Rabu (5/1).

Ikan seberat 342 Kg ini tertangkap di sekitar pulau sebelah utara Jepang Hokkaido dan ditawar hingga 32,49 juta yen (atau sekitar 396.000 dolar AS) yang menjadi tawaran tertinggi.

Sashimi yang akan dibuat dari ikan raksasa tersebut kabarnya akan dijual seharga 3.450 yen. Ikan tersebut dibeli oleh sepasang pemilik restoran sushi dari Jepang dan Hong Kong.

"Ikan tuna itu bagus, harga yang tinggi terjadi karena pembeli asing juga menginginkan tuna itu."

"Globalisasi makanan memicu tingginya harga. Ini merupakan berita bagus yang menghidupkan seluruh pasar. Saya harap perekonomian Jepang juga dapat terdorong dan meningkat." kata seorang peserta menurut kantor berita Kyodo.

Pembatasan perdagangan ikan tuna sirip biru Atlantik yang langka tersebut dipicu oleh pemburuan ikan yang berlebihan dan bahkan menjatuhkan harga tuna global.

Jepang mengkonsumsi tiga perempat ikan tuna sirip biru yang ditangkap di dunia, bahan dari sushi yang dihargai tinggi di Jepang dan dikenal sebagai kuro maguro (tuna hitam) dan disebut pecinta sushi sebagai permata hitam karena kelangkaannya.

Sungguh luar biasa ciptaan Tuhan. Segala sesuatu yang diciptakanNya memang teramat baik. Oleh sebab itu, kita harus menjaga dan melestarikannya sebagai warisan untuk anak dan cucu kita.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami