Melatih Anak Menghadapi Tantangan Hidup

Parenting / 2 January 2011

Kalangan Sendiri

Melatih Anak Menghadapi Tantangan Hidup

Lestari99 Official Writer
3365

Bagi anak kecil, belajar menetapkan tujuan merupakan bagian penting dari perkembangan anak yang akan sangat bermanfaat ketika mereka beranjak dewasa, dilengkapi dengan beberapa manfaat tambahan lainnya. Menetapkan dan mencapai sasaran-sasaran membantu anak-anak kita untuk membangun motivasi dan harga diri. Ditambah lagi, menjadikan hal ini sebagai kebiasaan sejak usia dini akan membantu mereka untuk terus melakukannya hingga dewasa. Bagian kita sebagai orangtua adalah menolong anak-anak kita untuk belajar nilai dari menetapkan tujuan dalam hidup mereka sehingga ketika mereka beranjak dewasa mereka akan siap menghadapi tantangan hidup ketika kita sebagai orangtua tidak mungkin terus-menerus berada di sekitar mereka untuk membantu.

Terdapat banyak jenis tujuan yang bisa membantu mereka mencapai hal ini. Mengakhiri bencana kelaparan di dunia merupakan hal yang besar untuk dilakukan seorang anak. Tujuan yang ditetapkan seorang anak tidak harus seambisius itu untuk mendatangkan manfaat bagi mereka. Tujuan sederhana misalnya saja menabung untuk mendapatkan uang yang cukup agar dapat pergi ke kebun binatang yang juga baik bagi anak Anda. Kuncinya adalah dengan memulainya secara sederhana dan mengajar anak untuk membangun kesuksesan mereka.

Mulailah Dengan Tujuan Yang Sederhana Dan Mudah Untuk Dicapai

Untuk anak-anak yang masih kecil, atau anak yang belum pernah menetapkan tujuan sebelumnya, merupakan ide yang baik untuk memulainya dari hal-hal yang kecil. Tujuan yang ditetapkan seorang anak untuk pertama kalinya tidak harus sangat menantang. Akan lebih baik jika mereka dapat mencapainya maksimal dalam beberapa minggu.

Ketika anak Anda berhasil mencapai tujuan pertama mereka, buatlah kesepakatan besar dengan memberikan penguatan yang positif. Anak Anda mungkin saja tidak mengubah dunia, tapi tidak ada salahnya untuk memujinya seolah-olah ia telah mengubah dunia.

Mengawali pencapaian dengan tujuan-tujuan kecil akan memberi rasa berprestasi kepada anak Anda dan mempersiapkannya untuk menghadapi hal-hal yang lebih besar. Hanya saja pastikan bahwa tujuan-tujuan tersebut sesuai dengan usianya. Jika tidak, sarankan kepadanya sesuatu yang mirip dengan itu tapi dengan skala yang lebih kecil.

Bagaimana Jika Anak Anda Ingin Mengubah Dunia?

Pertama-tama, jangan pernah mencegah tujuan yang ditetapkan anak Anda. Beberapa anak bertekad untuk mencapai tujuan yang besar. Jika ini adalah anak Anda, bicarakan kepadanya tentang mencapai tujuan yang ada di dalam pikirannya dan apa yang diperlukannya untuk mencapai hal itu. Anak-anak seringkali tidak menyadari betapa sulitnya mencapai sebuah tujuan yang besar. Mungkin daripada mengakhiri bencana kelaparan di dunia, Anda bisa mengarahkannya untuk menyumbang makanan pada badan amal lokal. Anda juga dapat membantu dengan memberikan makanan pada lansia atau membantu menyiapkan atau melayani menyiapkan makanan di organisasi lokal untuk mereka yang membutuhkan di dapur umum. Ditambah lagi ada kepuasan tersendiri bila membantu komunitas Anda sendiri secara nyata.

Setelah Anda meyakinkan dirinya untuk memikirkan kembali tujuan besar yang ditetapkannya, bantu anak Anda untuk menetapkan tujuan yang serupa tetapi lebih kecil. Misalnya, mungkin ia ingin membeli mantel bagi anak-anak yang tidak memiliki mantel satupun. Beberapa tujuan lebih mungkin dicapai misalnya untuk membeli mantel bagi seorang anak yang membutuhkan, atau menyumbangkan bajunya yang sudah kekecilan kepada mereka yang membutuhkan.

Jika seorang anak memiliki tujuan mulia dan bersikukuh untuk melaksanakannya, cobalah untuk membantunya dengan memecah tujuan tersebut menjadi lebih kecil sehingga ia dapat melakukan hal tersebut satu demi satu. Buatlah daftar dari tujuan-tujuan kecil tersebut dan coretlah tujuan yang sudah tercapai sehingga akan membantunya untuk mengetahui bahwa ia telah membuat kemajuan.

Tujuan yang ditetapkan anak-anak biasanya tidak membuat perbedaan yang besar dalam suatu hal. Namun dengan menetapkan tujuan dan mencapainya dapat membantunya untuk menetapkan pola yang akan mendatangkan manfaat bagi sisa hidup mereka. Itulah sebabnya sangat penting untuk mendorong anak-anak belajar menetapkan tujuan, tak peduli sekecil apapun tujuan tersebut. Sebagai orangtua, menyiapkan anak-anak untuk menghadapi tantangan kehidupan merupakan salah satu hadiah terbaik yang dapat kita berikan kepada anak-anak kita.

Sumber : more4kids.info
Halaman :
1

Ikuti Kami