Evaluasi Hubungan Menjelang Tahun Baru

Single / 27 December 2010

Kalangan Sendiri

Evaluasi Hubungan Menjelang Tahun Baru

Lestari99 Official Writer
3654

Dalam perubahan yang sangat cepat hari-hari ini, sangat sulit untuk menemukan pasangan yang tepat bagi Anda dan cocok dengan gagasan pasangan ideal yang Anda bayangkan. Apalagi menjelang tahun baru, saat yang tepat bagi setiap kita untuk membenahi diri dan menjalani hubungan yang lebih baik. Berikut adalah panduan untuk menjalani hubungan yang sehat.

Pada tahap awal sebuah hubungan, semuanya tampak begitu sempurna dan hubungan ini selalu tampaknya menuju pada sebuah hubungan jangka panjang namun tidak selalu terjadi demikian. Hampir setiap orang yang menjalani sebuah hubungan baru tidak pernah memikirkan hal yang buruk tapi selalu apa yang baik dan betapa luar biasanya pasangan mereka. Inilah yang disebut periode honeymoon.

Tetapi cepat atau lambat hal-hal baru itu akan mereda dan Anda dapat meneruskannya ke hubungan jangka panjang atau mengakhirinya dengan buruk. Apa yang telah terjadi setelah berlalunya bulan-bulan awal itu tak seorangpun yang dapat menebaknya. Meskipun tak ada yang tahu apa yang akan terjadi di depan, namun ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat mengambil langkah untuk berhati-hati dan mengetahui lebih dini jika hubungan yang baru Anda jalin akan berakhir atau dapat Anda jalani untuk jangka panjang.

Faktor utama yang berperan dalam menjalin sebuah hubungan adalah saling menghormati. Aspek dari hubungan ini sangat penting dan cara Anda mengetahui bahwa orang lain memiliki rasa hormat terhadap Anda adalah ia menghargai pendapat positif Anda sebagaimana pendapat negatif Anda. Hal yang sama berlaku pada Anda yakni Anda memahami seseorang melalui proses dan menghargai dirinya sebagai seorang pribadi. Kunci untuk saling menghormati adalah dengan tidak saling memaksakan batasan-batasan masing-masing dan jika hal itu mulai terjadi, lebih baik bagi Anda untuk berpikir ulang mengenai hubungan ini.

Kepercayaan merupakan dasar dari hubungan Anda dan jika hal ini hilang dari hubungan Anda maka faktor lainnya tidak lagi menjadi relevan. Izinkan pasangan Anda untuk bergaul dengan beberapa rekan lawan jenisnya baik saat ini maupun nanti. Hal ini akan menunjukkan padanya bahwa Anda percaya kepadanya. Tapi pastikan Anda dapat melihat tanda-tanda peringatan jika pasangan Anda telah melewati batas yang telah Anda berdua tetapkan. Jika pasangan Anda tak dapat dipercaya, lebih baik Anda mengakhirinya sebelum hubungan itu menyakiti Anda.

Faktor lainnya adalah bagaimana Anda memperlakukan pasangan Anda sederajat. Hal ini tentu saja berhubungan dengan faktor pertama yaitu saling menghormati. Hal itu berarti Anda memperlakukan pasangan Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan dan pastikan Anda memperlakukan pasangan Anda dengan adil. Misalnya saja jika Anda suka menonton teater sedangkan pasangan Anda senang bermain game. Apakah Anda akan bergiliran melakukan hal itu bersama-sama atau tidak?  Jika ya maka hubungan Anda akan berjalan dengan baik dan jika tidak maka Anda harus berpikir ulang hubungan seperti apa yang sedang Anda jalani saat ini.

Yang terakhir tapi bukan akhir dari segalanya adalah komunikasi yang terbuka. Jika Anda dapat menceritakan segala hal kepada pasangan Anda tanpa membuat ia menjadi marah tentang apa yang Anda katakan, itu berati Anda sedang berada di dalam hubungan jangka panjang yang baik.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami