Nasionalisme Indonesia Mencapai Puncaknya

Nasional / 24 December 2010

Kalangan Sendiri

Nasionalisme Indonesia Mencapai Puncaknya

Lois Official Writer
5322

Menurut hasil survey yang dilakukan oleh Lingkar Survei Indonesia (LSI), rasa nasionalisme bangsa Indonesia tengah mencapai puncaknya. Sebanyak 92.1 persen public Indonesia merasa bangga sebagai orang Indonesia. Nasionalisme ini pun diikutsertakan dengan kesediaan untuk turun berperang membela negara yang mencapai 63.1 persen.

“Ketika kami tanyakan seberapa banggakah ibu atau bapak menjadi orang Indonesia, ternyata 92.1 persen menjawab sangat atau cukup bangga, sementara yang kurang atau tidak bangga sama sekali sebanyak 4.2 persen, 3.7 persen tidak tahu,” ungkap peneliti LSI, Ardiaan Sopa pada hari Kamis (23/12).

Dengan rasa nasionalisme yang kuat, bahkan ada 63.1 persen yang mengaku bersedia berperang untuk negaranya. Rasa nasionalisme ini bahkan mengalahkan negara-negara lain seperti Malaysia (79.3 persen), Filipina (87.4 persen), Singapura (86.6 persen), dan Thailand (89.9 persen). “Rasa nasionalisme ini pun yang akan semakin meningkat pada final Piala AFF nanti melawan Malaysia,” ucapnya.

Sayangnya tidak ada data pasti mengenai hal-hal yang mempengaruhi besarnya rasa nasionalisme Indonesia ini. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel multistage random sampling pada 100 desa/kelurahan dengan total 1000 responden. Wawancara dilakukan dengan tatap muka dengan responden dan menggunakan kuesioner. Respon yang diambil pun tersebar dari berbagai kategori jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami