Lilin Natal : Begitu Indah, Begitu Mematikan!

Internasional / 23 December 2010

Kalangan Sendiri

Lilin Natal : Begitu Indah, Begitu Mematikan!

daniel.tanamal Official Writer
3766

Dibalik indahnya lilin natal ternyata menyimpan bahaya tersembunyi juga beberapa cerita inspiratif yang dapat membuat semua orang belajar dan mengerti tentang mukjizat yang terdapat didalamnya. Beberapa tahun lalu, seorang remaja dari Afrika Selatan, Dorah Mokoena terbakar karena patung lilin. Beruntunglah keduanya selamat meski luka bakarnya tak daat disembuhkan.

Akibat luka bakar tersebut, Dorah yang saat itu berusia 6 bulan kehilangan hidung, pelupuk mata, dan sebuah tulang di dahinya karena lilin yang dinyalakan di gubuk di daerah kumuh tempat keluarganya tinggal. Dia kemudian diterbangkan ke Inggris tahun 1998 untuk menjalani operasi plastik. Sekarang Dorah telah berusia 16 tahun dan berada di London untuk membantu kampanye petugas kebakaran melakukan kampanye keamanan pada masa Natal.


Kini Dorah terlibat membantu dinas kebakaran di London dan mengkampanyekan bahaya dimaksud dengan tema "So beautiful, so lethal" atau "begitu indah, begitu mematikan". Kampanye ini bertujuan untuk menyoroti bahaya menyalakan lilin di rumah dan menyadarkan orang mengenai bahaya menyalakan lilin secara tidak bertanggungjawab di hari Natal.

Menurut data yang ada, sekitar 1.300 kebakaran rumah di Inggris disebabkan lilin natal. Lilin adalah penyebab terbesar kedua luka-luka akibat kebakaran di Inggris, setelah korek api, kata Komisaris Kebakaran London, Ron Robson.
 
Dinas kebakaran menyarankan agar orang memasang lilin dalam tempat yang tahan api. Lilin menyala tidak boleh ditinggal, meskipun hanya sebentar, atau diletakkan di dekat barang-barang seperti pohon Natal, gorden, atau pakaian.

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami