Mendidik Anak Melalui Olahraga

Parenting / 22 December 2010

Kalangan Sendiri

Mendidik Anak Melalui Olahraga

Lestari99 Official Writer
3094

Melibatkan anak-anak Anda dalam kegiatan olahraga merupakan sebuah langkah besar bagi mereka secara fisik. Namun sebenarnya lebih banyak hal positif yang bisa Anda dapatkan dengan melibatkan anak-anak Anda dalam kegiatan olahraga. Olahraga tentu saja merupakan suatu cara yang bagus untuk memerangi obesitas, namun terlebih penting adalah pelajaran hidup luar biasa yang dapat Anda terapkan di rumah melalui olahraga dan pengasuhan yang positif. Membiarkan anak Anda terlibat dalam olahraga akan membuka pintu kepribadian mereka untuk mempelajari beberapa hal penting. Tentu saja semuanya kembali kepada Anda sebagai orangtua untuk menerapkan apa yang mereka pelajari melalui olahraga ke dalam area lain dari kehidupan mereka. Jangan biarkan saat-saat pembelajaran ini berlalu begitu saja tanpa makna karena ketidakpedulian Anda. Berikut adalah beberapa pelajaran yang dapat Anda terapkan di rumah melalui keterlibatan mereka dalam olahraga.

Pelajaran #1 – Kekuatan Bekerja Sebagai Sebuah Tim

Salah satu pelajaran yang paling penting yang dapat dipelajari anak-anak Anda ketika terlibat dalam kegiatan olahraga adalah kekuatan kerja sebagai sebuah tim. Bermain olahraga memungkinkan anak-anak untuk belajar menetapkan tujuan tim, kerjasama tim untuk mencapai tujuan, bagaimana menunggu giliran, dan banyak lagi. Pembelajaran ini membantu anak-anak untuk berkembang secara sosial dan emosional, dan dapat membantu mereka mempersiapkan diri di kemudian hari ketika dibutuhkan kerjasama tim yang solid dalam pekerjaan. Pengembangan jenis ini sangat penting untuk mengajar anak Anda bagaimana bekerja dengan orang lain dalam hidup mereka, seperti menjadi guru, teman, keluarga dan bahkan teman sekelas. Jangan biarkan kesempatan ini lepas begitu saja karena Anda. Temukan cara di rumah bagaimana Anda dapat mendorong mereka dengan menerapkan kerjasama tim. Anda dapat menerapkan hal ini dengan mengajak anak-anak Anda terlibat dalam tugas-tugas rumah, menjelaskan dengan bahasa yang sederhana bahwa setiap anggota keluarga merupakan bagian dari sebuah tim yang bertujuan untuk membuat rumah tetap bersih dan rapi.

Pelajaran #2 – Setiap Orang Membawa Sesuatu Yang Unik Dalam Pertandingan

Pelajaran penting lainnya yang dapat Anda ajarkan kepada anak-anak melalui olahraga adalah bahwa setiap orang membawa sesuatu dalam permainan. Tidak setiap anak akan melakukan setiap tugas dengan baik dalam satu tim. Seseorang mungkin melakukan dengan luar biasa saat berlari, yang lain pandai menangkap bola, dan yang lainnya sangat pandai memikirkan strategi. Anak-anak perlu belajar bila anak lain lebih pandai melakukan suatu tugas dibandingkan mereka, setiap orang memiliki sesuatu yang unik dalam sebuah pertandingan. Ini adalah sebuah pelajaran yang dapat membantu anak Anda untuk mengembangkan percaya diri dan harga diri mereka. Jangan biarkan anak Anda fokus pada kelemahan orang lain, namun bantu mereka untuk melihat pada kekuatan orang lain. Hal ini akan membantu mereka untuk menyadari bahwa mereka memiliki kelemahan mereka sendiri, tapi mereka juga memiliki kelebihan-kelebihan yang datang secara alami di area-area tertentu dimana mereka dapat menjadi luar biasa. Ketika mereka tumbuh dewasa, akan sangat penting bagi mereka untuk memiliki kepercayaan diri atas segala hal yang mereka lakukan, baik itu di sekolah maupun pekerjaan mereka nantinya.

Pelajaran #3 – Praktek Mendatangkan Hasil

Anak-anak perlu belajar bahwa praktek mendatangkan hasil, dan olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengajarkan anak Anda mengenai hal ini. Saat melakukan kegiatan olahraga, anak-anak harus menyadari bahwa untuk mendapatkan keahlian yang sempurna, mereka harus terus mempraktekkannya lagi dan lagi. Ketika mereka melihat peningkatan, hal ini merupakan prestasi pribadi yang dapat membantu mereka untuk mengembangkan citra diri yang lebih baik. Dengan sedikit bimbingan dari Anda, anak-anak Anda dapat belajar bahwa ini adalah pelajaran yang dapat mereka terapkan dalam hal apapun yang hendak mereka capai dalam hidup mereka. Jelaskan kepada anak Anda mengapa mereka perlu berlatih dan bagaimana latihan ini akan membantu mereka untuk mencapai tujuan akhir yang mereka inginkan.

Pelajaran #4 – Bagaimana Menangani Kritik Yang Membangun

Sesuatu yang seringkali sulit dihadapi anak-anak adalah bagaimana menangani kritik. Seorang pelatih yang baik akan memberikan beberapa umpan balik yang membangun mereka dari waktu ke waktu. Meskipun hal ini tidak selalu mudah, Anda dapat membantu anak Anda untuk mempelajari sebuah hal penting di sini – bagaimana menghadapi kritik yang membangun. Hanya karena mereka telah diberikan beberapa masukan untuk meningkatkan keahlian mereka tidak berarti mereka telah gagal, dan ini adalah sesuatu yang perlu Anda komunikasikan dengan anak Anda. Ketika anak-anak memahami hal ini, mereka akan lebih mudah menerima masukan dan saran dari orang lain dalam kehidupn mereka. Pastikan bahwa Anda sebagai orangtua tidak terus-menerus mengoreksi permainan anak Anda dan mengkritik tentang cara mereka melakukannya. Biarkan pelatih mereka yang menawarkan umpan balik. Anda berada di sana untuk memberikan pujian dan dukungan.

Pelajaran #5 – Sportivitas Saat Menang

Sangat penting bagi anak-anak untuk belajar tentang sportivitas saat menang. Saat mereka memenangkan pertandingan, sangat mudah bagi anak-anak untuk mencoba merendahkan tim lawan, yang jelas bukan sebuah sikap yang Anda inginkan untuk anak Anda pelajari dalam hidupnya. Gunakan kemenangan ini untuk mengajarkan anak Anda bagaimana bersikap sportif. Tentu saja mereka boleh bergembira karena mereka menang, namun mereka harus memiliki sportivitas yang baik dan bersikap baik terhadap tim lain. Tak seorangpun yang menyukai seseorang yang membual dan memamerkan kemenangan mereka di hadapan orang lain. Ketika Anda mengajarkan mereka untuk menang dengan sportif, Anda akan mengajarkan sebuah pelajaran berharga yang akan membantu mereka di kemudian hari.

Pelajaran #6 – Menghadapi Kekalahan Dengan Benar

Tentu saja anak Anda tidak akan memenangkan setiap pertandingan yang diikutinya, yang mana pelajaran hidup lain yang harus ia pahami. Anak-anak perlu belajar untuk menghadapi kekalahan dengan cara yang benar. Sangat mudah bagi anak-anak untuk bersikap buruk saat mereka kalah atau bahkan mencoba menyalahkan orang lain atas kekalahan yang mereka alami. Anda dapat menggunakan momen ini untuk mengajarkan kepada anak Anda bagaimana menerima kekalahan. Ajar mereka untuk mengucapkan selamat kepada pihak yang menang dan bukannya mengkritik, cobalah untuk menemukan cara meyakinkan mereka bahwa mereka dapat berbuat lebih baik di lain waktu. Tak seorangpun yang akan selalu menang dalam hidupnya, tapi apa yang Anda lakukan terhadap pihak yang kalah akan selalu diperhitungkan.

Ini hanyalah beberapa momen untuk mendidik dan pelajaran penting yang dapat Anda gunakan untuk mengajar anak-anak Anda saat mereka terlibat dalam kegiatan olahraga. Olahraga benar-benar merupakan sebuah cara yang baik bagi Anda untuk membantu anak-anak Anda membangun harga diri dan karakter mereka. Jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja, tetapi temukan cara untuk mengkombinasikan olahraga dan pengasuhan yang positif ini untuk mengajarkan kepada anak-anak Anda nilai-nilai penting yang sangat berguna sepanjang hidup mereka.

Sumber : more4kids.info
Halaman :
1

Ikuti Kami