Hempaskan Filipina, Garuda Siap Ganyang Malaysia

Nasional / 20 December 2010

Kalangan Sendiri

Hempaskan Filipina, Garuda Siap Ganyang Malaysia

daniel.tanamal Official Writer
3163

Usai menghempaskan The Azkals Filipina 1-0 (agregat 2-0) pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (19/12/2010) lewat gol spektakuler Christian “El Loco” Gonzales menit ke-42, kepak sayap Garuda Merah Putih siap mengganyang Harimau Melayu Malaysia di Final.

Pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, langsung meminta para pemainnya untuk fokus dan konsentrasi penuh dalam menghadapi dua partai Final nanti. Pelatih berusia 61 tahun tersebut juga menilai Malaysia kini telah tampil berbeda. "Mengenai Malaysia, kemarin saya tidak terlalu memikirkan apa yang mereka lakukan. Saya baru menyaksikan dari televisi. Saya hanya fokus pada tim ini. Tetapi, mulai saat ini, saya meminta kepada pemain untuk langsung fokus," tegas Riedl.

Malaysia sendiri secara mengejutkan berhasil mengandaskan Vietnam dalam semifinal. Permainan apik mulai ditunjukan tim besutan Krishnasamy Rajagopal usai dihantam Indonesia 5-1 dalam penyisihan Grup A. Peluang menjadi juara pun kini sama-sama dimiliki kedua tim. "Peluang kami 50:50. Kita memang pernah mengalahkan Malaysia 5-1 pada babak penyisihan lalu. Namun, Malaysia saat ini sudah berbeda," lanjutnya.

Pembenahan tim diakui akan menjadi tugas utama yang akan dilakukan Riedl untuk persiapan jelang final, karena pada pertandingan terakhir malam tadi masih ada beberapa kesalahan yang tidak perlu dilakukan timnas. "Di final nanti, kami harus bisa mengontrol rasa gugup seperti yang dialami pada 20 menit terakhir babak kedua. Pemain lebih sering membuang bola ke luar lapangan, padahal situasi tidak terlalu berbahaya. Mereka seperti tertekan dan tidak bisa tampil lepas," tukasnya.

Pada babak final nanti pertandingan akan menggunakan sistem kandang-tandang, pada 26 dan 29 Desember mendatang. Malaysia akan menjadi tuan rumah menjamu Indonesia lebih dahulu. Dan partai terakhir Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta siap menjadi saksi pesta dan kejayaan sepakbola Indonesia yang telah lama redup terkubur mati menjadi bangkit, hidup, dan berkibar lagi!.

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami