Anak-Anak Terluka Ketika Orangtua Bertengkar

Parenting / 19 December 2010

Kalangan Sendiri

Anak-Anak Terluka Ketika Orangtua Bertengkar

Lestari99 Official Writer
3360

Jika Anda pasangan suami istri yang telah memiliki anak-anak dan situasi yang terjadi di antara Anda dan pasangan menjadi begitu buruk sehingga Anda sering bertengkar, ketahuilah bahwa anak-anak Anda sedang terkena dampaknya saat Anda bertengkar.

Kenapa? Karena anak-anak Anda sepenuhnya tergantung kepada Anda. Ketika Anda bertengkar, mereka merasa takut. Dua orang dewasa tempat mereka bergantung sedang ‘bertikai’ sehingga dunia mereka pun terasa tidak aman dan nyaman.

Dan karena Anda sedang marah, mereka tidak tahu harus berkata atau melakukan apa jika mereka mengatakan kepada Anda bahwa mereka merasa takut dan ingin Anda menghentikan pertengkaran. Pertengkaran Anda menjadi suatu hal yang mengerikan bagi anak-anak Anda. Dan ketika Anda sedang marah dan kesal, Anda tidak akan bisa memberikan waktu maupun perhatian yang mereka butuhkan.

Anak-anak Anda tidak dapat memahami mengapa Anda tidak berhenti bertengkar dan melakukan apa yang selama ini Anda katakan kepada mereka untuk tidak dilakukan. Anda selalu menyuruh mereka untuk “berhenti bertengkar, ucapkan maaf, saling meminta maaf, berjabat tangan, dan kembali berteman”.

Mereka bertanya-tanya kenapa Anda tidak melakukan hal itu. Anda mungkin akan berkata bahwa berdamai tidaklah sesederhana itu. Mungkin tidak bagi Anda tapi sederhana bagi mereka. Mereka akan berkata bahwa Anda tidak menghidupi apa yang Anda tetapkan sebagai aturan Anda sendiri dan tidak ada penjelasan yang menjadi masuk akal bagi mereka.

Anda mungkin percaya bahwa jalan keluarnya adalah berpisah atau bercerai. Penelitian menunjukkan bahwa dalam banyak kasus, ini merupakan sebuah ide yang buruk. Ketika Anda memisahkan keluarga Anda, dunia yang selama ini dikenal oleh anak-anak Anda menjadi semakin tidak aman bagi mereka. Dan hal ini dapat mendatangkan dampak negatif seumur hidup mereka. Lalu, apa jalan keluarnya?

Jawabannya adalah perbaiki masalah dalam pernikahan Anda. Dan karena Anda tidak dapat melakukannya sendiri, saatnya untuk mencari bantuan. Berserulah kepada Tuhan yang mampu menyediakan jalan keluar bagi konflik rumah tangga Anda. Berkonsultasilah kepada konselor Kristen. Satu hal yang pasti, tetap pegang teguh Firman Tuhan dan jangan pernah menyerah!

Sumber : mfgmarriage.com
Halaman :
1

Ikuti Kami