Bom Nuklir Beraksi, Asteroid Pergi dari Bumi

Nasional / 19 December 2010

Kalangan Sendiri

Bom Nuklir Beraksi, Asteroid Pergi dari Bumi

Lois Official Writer
2854

Seperti dalam film aksi Hollywood, asteroid bisa dimusnahkan sebelum datang ke bumi, atau bahkan sebelum menyentuh bumi. Bahkan tidak membutuhkan astronot untuk mengebor dan menanamnya seperti Bruce Willis di film Armageddon. Semua ini bisa dilakukan berkat bom nuklir. Ternyata bom nuklir mampu melindungi bumi dari resiko bertumburan dengan asteroid itu.

“Cukup dengan menembak ke permukaannya, bisa menghancurkan asteroid berkeping-keping,” ujar Bob Weaver, peneliti dari Laboratorium Nasional Los Alamos, New Mexico, AS. Keyakinan itu berdasar pada karakter asteroid yang berpori. “Kebanyakan hanya terdiri atas tumpukan puing,” katanya.

Bersama rekan-rekannya dia meneliti lewat model simulasi ledakan. Dari perhitungannya, asteroid berukuran 500 meter bisa dihancurkan dengan ledakan nuklir berkekuatan 500 kiloton. Ukuran itu sekitar 20-30 kali lebih kuat dari bom atom yang meratakan Nagasaki pada Agustus 1945. “Jadi serpihannya tidak membahayakan bumi,” katanya.

Meski menyadari dampak sosial dan politik dari kepemilikan nuklir ini, Weaver mendukung teknologi ini. Karena jika hanya mengandalkan bom konvensial, maka hasilnya tidak akan cukup. Dasarnya adalah serangan asteroid 65 juta tahun lalu yang memusnahkan dinosaurus dan spesies lain dari bumi.

Namun di sisi lain, jika bom nuklir ini disalahgunakan oleh suatu negara tertentu, mungkin memang bumi akan aman dari asteroid, tapi tidak akan aman dari negara itu sendiri.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami